• IPAL RSUD Kota Kendari Perlu Peninjauan Ulang

image_title
Ket: RSUD Kendari
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di RSUD Kota Kendari perlu ditinjau kembali. Menyusul adanya laporan masyarakat terkait IPAL dibeberapa rumah makan, hotel, hingga rumah sakit.

    "Sebelumnya, kami mendapat banyak sekali laporan terkait IPAL. Jadi kami pun meminta agar IPAL RSUD Kota Kendari sekiranya dapat ditinjau ulang," kata Anggota Komisi II DPRD Kendari, Apriliani Puspitawati, Selasa (5/11/2019).

    Pasalnya, jelas dia, IPAL merupakan salah satu pencemaran lingkungan yang sangat potensial, mengandung senyawa organik cukup tinggi bahkan memiliki kandungan senyawa kimia lainnya yang dapat menyebabkan penyakit bagi lingkungan rumah sakit itu sendiri maupun warga sekitar.

    Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Kendari, Sulkarnain K, mengungkapkan, IPAL itu sudah menjadi perhatian pemerintah kota karena masuk dalam syarat akreditasi, terlebih tahun ini sudah masuk re-akreditasi untuk RSUD Kota Kendari. Semoga yang berkaitan dengan IPAL bisa segera diatasi.

    Disamping itu, lanjutnya, Puskesmas Poasia telah mendapat akreditasi paripurna, hal tersebut menjadi kabar gembira. Namun dirinya berpesan kepada pengelola dan Dinas Kesehatan jangan puas sampai disitu saja.

    "Mendapat akreditasi apalagi terakreditasi paripurna maka tanggung jawab pun semakin besar, harus bisa dipertahankan dan yang pasti masyarakat harus terkena dampaknya, seperti terlayani dengan baik," katanya.

    Sulkarnain berharap, pelayanan medis itu tidak hanya mengobati penyakit, namun juga melakukan pencegahan yang lebih optimal. Karena pencegahan lebih baik dari mengobati. Pihaknya pun akan meminta kepada puskesmas lain agar belajar di Puskesmas Poasia. (*)


    Penulis | Septiana








VIDEO