• Mendikbud Salurkan Bantuan Pembangunan Gedung Paud Percontohan di Kolut

image_title
Ket: Hasbi Latif 
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLUT--Tahun ini  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Kolaka Utara (Kolut) kepicrat pembangunan gedung  percontohan  pendidikan anak usia dini (PAUD) dari Kementrian senilai Rp 1 milliar lebih berlokasi di Desa Ponggiha Kecamatan Lasusua.

    Pembangunan 1 unit gedung baru yang bersumber dari dana APBN serta bantuan dari swadaya masyarakat tersebut merupakan Program Pemerintah  satu TK Pembina satu Kecamatan.namun satu kabupaten harus memiliki TK Percontohan yang berstatus TK Negeri Kolaka Utara.

    Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Paud Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Kabupaten Kolaka Utara, Hasbi Latif  mengatakan  Pembangunan gedung  TK Percontohan yang bersumber dari Dana APBN ini khusus dari Kementrian bidang PAUD. 

    "Pembangunannya sementara berjalan sudah mencapai sekitar 30 persen, bahkan kemarin Direktur Paud dari Kementrian telah mengunjungi proyek dalam tahap pekerjaan," kata Hasbi kepada Bumisultra di ruang kerjanya, Selasa  (8/10/2019).

    Dikatakanya, target pemerintah pusat 1kabupaten 1 TK Percontohan, khusus di Sultra 17 kabupaten/ kota, hanya 2 kabupaten yang mendapat suntikan dana pembangunan gedung TK Percontohan  dari Kemendikbud yakni Kolut dan Buton.

    "Pusat informasi tentang PAUD ada di TK Percontohan karena target pemerintah pusat 1 Paud percontohan 1 kabupaten, khusus di kolut kedepan  nantinya setiap kecamatan ada TK Negeri namanya TK Pembina," katanya.

    Ia juga menambahkan dalam mendirikan taman kana-kanak (TK). ini bertujuan agar anak berusia minimal 4-6 tahun semua bisa menempu pendidikan di TK.hingga menuju ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD).bahkan di tahun 2019 ini pihaknya telah menegerikan 5 TK diantaranya TK Pembina Katoi, TK Pembina desa Sawanggaoha, TK Pembina Pakue dan TK Pembina kelurahan batuputih

    “Tahun ini kita juga telah dinegerikan 5 TK, salah satunya PAUD Percontohan dengan demikian TK Negeri di Kolut menjadi 7 yang sebelumnya hanya 2  TK Negeri, Insya Allah di targetkan satu TK Negeri satu kecamatan satu TK Negeri ,” ungkapnya

    Karena itu  Ketua  PGRI Kolut ini  berharap, kepada  ibu-ibu Camat dan  bunda PAUD  se - kecamatan, untuk berperan aktif dalam pembinaan PAUD di wilayahnya masing-masing, serta keterlibatan OPD yang terkait,  dalam pembinaan PAUD Holistik Intergratif. (*)


    Penulis | Bahar












VIDEO