• Kunker Asisten I Pemda Koltim di Perkebunan Kakao di Kecamatan Aere

image_title
Ket: Bupati Koltim di wakili La Ode Ishak serta Kadis perkebunan , serta di dampingi Camat aere saat lakukan praktek sarungnisasi buah kakao di Desa Rubia, Selasa (08/10/2019).
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR - Hari ini Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah yang diwakili Asisten I bidang administrasi dan Pemerintahan La Ode Ishak melakukan kunjungan kerja (Kunker) di wilayah perkebunan Kakao di Desa Rubia Kecamatan Aere dengan agenda sarungnisasi buah kakao guna mengantisipasi serangan hama.

    Praktek Sarungnisasi ini merupakan hasil sekolah lapang Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang anggaranya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019, sekolah lapang ini diikuti para kelompok tani di beberapa Desa di Koltim.

    Pada Kesempatan itu La Ode Ishak memberikan motivasi kepada Petani agar terus bersemangat untuk mengembangkan serta memajukan Kakao di Koltim.

    ''Apalagi beberapa negara sudah mengakui biji kakao Koltim serta berniat melakukan kerjasama Ekspor, kata Ishak saat bertemu petani di lahan kakao tempat sarungnisasi buah Kakao di Rubia, Selasa (08/10/2019).

    ''Bukan hanya itu para negara peminat kakao di Koltim akan mengrimkan pakar atau tenaga ahlinya ke Koltim untuk mendampingi petani dalam pemeliharaan Kakao," tandasnya.

    Hal senada disampaikan Kadis Perkebunan Koltim Sawal Sarifuddin bahwa saat ini bupati telah memberikan banyak bantuan mulai dari bibit, pupuk, pengering hingga sekolah lapang semuanya di bantu, petani hanya memelihara saja, bahkan untuk persiapan ekspor kita sudah lakukan permentasi biji yang sementara diproses.

    ''Dimana biji permentasi itu akan jadi sample dan di kirim ke Belanda dan prancis dalam rangka kerjasama ekspor Kakao", terangnya.

    Camat Aere Iwan Tumoko berharap para Petani di kecamatan Aere terus mengembangkan Kakao dan selaku pemerintah Kecamatan untuk mendorong petani agar program kakao ini lebih maju, apalagi Aere ini merupakan salah satu wilayah penghasil kakao di Koltim.

    Hadir dalam kegiatan tersebut para petani kakao, Lembaga Ekonomi sejahtera (Lem), para Kades serta para penyuluh perkebunan. (*)


    Penulis | Irwandar












VIDEO