• Rumah Data Dibenahi, Kolut Siap Jadi Tuan Rumah Harganas ke-27

image_title
Ket: Kepala dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kolaka Utara, Muhammad Jufri, S.KM. M.Kes. Foto: Bahar
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLUT--Pemerintah Daerah (Pemda)  Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), kini mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk menjadi tuan rumah di Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di tahun mendatang. 

    Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP & KB) Kolut Muhammad Jufri mengatakan,  salah satu syarat menjadi tuan rumah diperingatan hari keluarga nasional ke 27 yakni harus memiliki Rumah Data. 

    "Sebenarnya kita sudah punya Rumah Data. Hanya masih numpang di rumah warga. Kalau warga membongkar rumahnya, datanya juga hilang," ujar Jufri, kepada Bumisultra di ruang Kerjanya, Senin (7/10/2019).

    Dikatakannya, Pemda Kolut melalui dinas PP&KB rencananya bakal merealisasikan pembangunan rumah data disetiap Kecamatan dengan mengajukan istimasi  anggaran sebesar Rp3 milyar. Namun dalam pengajuannya, anggaran yang terealisasi hanya Rp405 juta. 

    "Dengan dana segitu, kita hanya bisa membangun 3 rumah data. Nanti tahun berikutnya baru kita bangun lagi," ungkapnya 

    Pembangunan rumah data ini lanjut Jufri,  rencananya bakal direalisasikan tahun depan. Dimana setiap Kecamatan terpilih, dijatah satu rumah data.

    "Ada tiga kecamatan yang kita pilih untuk pembangunan rumah data yakni Kecamatan Ranteangin didesa landolia, kecamatan lasusua desa pitulua dan kecamatan kodeoha desa kalu - kaluku," terangnya.

    Selain pembangunan rumah data kata jufri pihaknya juga siap menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sultra ke - 27. 

    "Insya Allah kalau rumah data ini telah terbangun, Kolut optimis siap jadi tuan rumah," ujar Jufri. 

    Karena itu Jufri berharap kegiatan  ini nantinya dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada kendala dari segi apapun.(*)


    Penulis | Bahar












VIDEO