• IAIN Kendari Seleksi 220 Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Tahun 2019

image_title
Ket: Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd saat melakukan wawancara pada pesera calon penerima beasiswa bidikmisi, 29 September 2019. Foto : Humas IAIN
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melaksanakan seleksi penerima beasiswa Pendidikan Miskin dan Beprestasi (Bidikmisi) tahun 2019. Sebanyak 390 orang mahasiswa telah mengajukan berkas administrasi, namun hanya 220 orang yang dinyatakan memenuhi persyaratan.

    Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kendari, Hj. Najmawati, M.Pd, mengatakan, sesuai petunjuk teknis pelaksanaan Bidikmisi di lingkungan PTKIN, seleksi dilaksanakan dengan dua tahapan yaitu seleksi administrasi dan wawancara.

    Dia menjelaskan, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi penerima beasiswa antara lain, berprestasi saat menjadi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Ini dibuktikan dengan buku rapor dan keterangan dari pihak sekolah. Selain itu mahasiswa yang bersangkutan juga berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan keterangan dari aparat tempat mahasiswa berdomisili, foto rumah, pembayaran rekening air dan listrik.

    "Sedangkan pada tahapan wawancara, calon penerima beasiswa akan diuji berkaitan dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, akademik, kemampuan baca tulis Alqur’an serta sejumlah pertanyaan lain berkaitan dengan berkas administrasi yang diajukan," terangnya.

    Dia, mengatakan, wawancara penerima beasiswa dilaksanakan pada, 29 September 2019. Pewawancara terdiri dari Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, Wakil Rektor I Dr. Husain Inswan, M.Pd dan Wakil Rektor III Dr. H. Herman, M.Pd.I, Para Dekan, ketua SPI dan Direktur Pacasarjana. Hasil seleksi tersebut akan diumumkan awal Oktober 2019 mendatang.

    Tahun ini, lanjutnya, IAIN Kendari menyiapkan kuota penerima beasiswa bidikmisi sebanyak 70 orang. Mereka yang dinyatakan lulus berhak memperoleh beasiswa senilai Rp 13,2 Juta pertahun serta akan memperoleh pembinaan soft skill secara rutin selama tercatat sebagai penerima beasiswa.

    "Para penerima beasiswa bidikmisi diwajibkan memperoleh indeks prestasi minimal 3.25 bagi mahasiswa prodi ilmu sosial dan 3,0 bagi mahasiswa prodi eksakta," katanya.

    Berdasarkan data Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kendari, keberhasilan studi para penerima beasiswa bidikmisi mencapai 99 persen. "Mereka yang berhasil menyelesaikan studi tepat waktu seluruhnya memeperoleh nilai yang memuaskan," pungkas dia. (*)


    Penulis | Septiana












VIDEO