• PKK Konsel Gelar Jambore, Surunuddin : Kegiatan Ini Bisa Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

image_title
Ket: Pelepasan balon ke udara oleh Bupati bersama Wabup dan Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, SH. Foto : Humas Pemda Konsel
  • Share

    BUMISULTRA

    KONSEL--Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Tahun 2019. Senin (22/7/2019).

    Acara ini merupakan yang pertama kali di selenggarakan sejak Konsel berdiri, yang dipusatkan di Lapangan Upacara Kabupaten. Dan dibuka oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM di dampingi Wakil Bupati, Dr. H. Arsalim Arifin, SE., M.Si, serta di hadiri para pimpinan OPD.

    Yang ditandai dan awali dengan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara oleh Bupati bersama Wabup dan Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, SH, yang dilanjutkan defile kontingen peserta Jambore, yang merupakan para pengurus PKK dari 25 Kecamatan se-Konsel.

    Dalam sambutannya, Surunuddin menyampaikan, terimakasih dan apresiasi kepada panitia dan pengurus PKK yang telah menyelenggarakan acara tersebut, yang merupakan acara jambore PKK tingkat kabupaten yang pertama kali dilaksanakan sejak  Konsel terbentuk, tentunya ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dari unsur TP PKK Desa/Kecamatan, Pemerintah dan masyarakat,  yang diharapkan dapat terus terjalin, sehingga kader PKK dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi pembangunan Konsel.

    Ia juga menjelaskan bahwa TP-PKK adalah merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak pembangunan dengan memberdayakan masyarakat.

    "Sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat, memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga sebagai kader, karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan sosial dalam kehidupan manusia," ucap Surunuddin.

    Disamping itu berbagai perlombaan yang diadakan sebagai rangkaian acara jambore PKK ini, outputnya yang diharapkan adalah melahirkan keterampilan dan kreativitas yang tinggi dari para kader.

    Sehingga masyarakat Konsel dapat lebih berdaya dan maju, dan dapat  memberikan dampak positif terhadap kemajuan masyarakat sehingga kita dapat wujudkan Desa Maju Konsel Hebat

    Olehnya itu, tambah Surunuddin, dengan Jambore PKK diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kemampuan motivasi dan peran serta keadilan dalam pembinaan masyarakat ke depan. selanjutnya saya berpesan kepada seluruh kader agar Kegiatan ini dapat dijadikan wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi, serta saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan pada setiap kader.

    Juga dapat menambah wawasan pengetahuan dan persahabatan yang dapat memotivasi para kader untuk menunjang terwujudnya keluarga sehat dan sejahtera,  maka bila ini dapat terwujud maka PKK akan besar sesuai dengan tema yaitu kader hebat PKK maju,

    Disamping itu, sambungnya, pengurus PKK diharapkan dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan program-program pemerintah kepada masyarakat, antara lain informasi tentang kesehatan yang berkaitan dengan stanting kanker leher rahim atau Iva tes.

    "Untuk itu, hari ini Dinkes bekerjasama dengan PKK mengadakan pemeriksaan Kanker Leher Rahim yang terbuka untuk umum dan gratis untuk masyarakat, juga bentuk kepedulian pemerintah melalui organisasi PKK," ungkap Surunuddin.

    Saya berharap, tandasnya, kepada seluruh peserta agar kiranya mengikuti dengan penuh semangat dan sportivitas dan selalu menjaga kekompakan, dengan harapan, setelah mengikuti Jambore PKK ini dapat membawa perubahan yang berarti bagi masyarakat konsel, terkhusus para kader dan pengurus PKK se-Konsel yang senantiasa berjalan beriringan dengan pemerintah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Konsel di masa mendatang.

    Sementara itu, dalam laporannya, Wakil Ketua III TP PKK Konsel, Eti, S.Si mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya pengurus PKK, dan untuk mempererat persatuan, kekompakan kerjasama serta mengetahui sejauh mana kemampuan dan keterampilan para kader dan pengurus PKK yang ada di Desa/Kel/Kec maupun Kabupaten.

    Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 22 - 23 Juli 2019, beber Eti, yang terbagi dalam dua lomba, yakni lomba inti (penyuluhan 10 program pokok PKK) dan lomba gembira, terdiri dari lomba mars PKK, lomba lagu-lagu daerah, pesan berantai, menggiring bola dengan terong, serta lomba terompa. (*)


    Penulis | Ama








VIDEO