• Salah Satu Item DD Pemdes Andowengga 2019 Pembangunan Gedung PAUD

image_title
Ket: Proses pengerjaan Gedung PAUD Andowengga di Dusun V yang dilengkapi papan nama kegiatan, Senin (22/07/2019).
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR - Untuk memajukan pendidikan di Daerah tentu dituntut adanya sarana dan prasarana yang memadai, dan salah satu program Kementrian desa (Kemendes) memasukan Anggaran Dana Desa (DD) untuk pembangunan gedung PAUD.

    Seperti yang terjadi di Desa Andiwengga Kecamatan Polia - Polia Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Pemerintah Desa (Pemdes) Andowengga membangun satu Unit gedung PAUD yang anggaranya bersumber dari DD 2019.

    Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Bustam S.pd mengungkapkan gedung PAUD ini sangat penting sekali karena selama ini anak -anak TK belajar di bawah kolom rumah kepala sekolahnya, karena belum ada bangunan TK selama ini dan saat ini dalam proses pengerjaanya.

    "Untuk itulah melalui Musyawarah Desa atas permintaan warga agar secepatnya di bangun PAUD, apalagi Tanah sudah ada di waqafkan dengan luas 15×5 terletak di Dusun V", ujarnya,  Senin (22/07/2019).

    Di tempat yang sama Kepala Desa (Kades) Andiwengga Marliana menuturkan, "pekerjaan gedung PAUD ini di kelola langsung warga andowengga dengan sistem padat karya tunai, dengan anggaran 283.074.000 denga volume 1 unit (94) M di lengkapi ruang belajar, guru, wc, teras dan halaman", tuturnya di lokasi pekerjaan.

    Masih kata Marliana para guru TK kami sudah anggarakan honornya di DD, selain PAUD, kami juga lakukan pengadaan Pipa 6 inci dengan volume 200 meter anggaran 33.400.000 guna mengairi air ke sawah petani.

    "Harapan kami, dengan di bangunya PAUD akan memperlancar proses belajar karena selama ini hanya belajar di bawah kolom rumah, kemudian menambah semangat anak - anak belajar sehingga mereka nantinya akan lebih mudah ketika masuk ke jenjang sekolah Dasar (SD) pungkasnya. (*)


    Penulis | Irwandar








VIDEO