• LSM GAKI Tagih Janji Bupati Kolaka Pimpin Demo PT Vale

image_title
Ket: Ketua LSM GAKI Kabupaten Kolaka, Khaeruddin
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA- Ketua LSM Gerakan Anti Korupsi Indonesia (GAKI) Kabupaten Kolaka Khaeruddin, menagih janji Bupati Kolaka H Ahmad Safei untuk memimpin demo, "mengusir" PT Vale Indonesia dari kabupaten Kolaka.

    "Saya menangih janji Bupati Kolaka bapak Ahmad Safei untuk memimpin demo "mengusir" PT Vale di bumi Mekongga, jika tidak membangun smelter," kata Khaeruddin disela aksi demo di kantor DPRD Kolaka, kamis (11/7/2019).

    Menurut Dudi, panggilan akrab Khaeruddin, pada tahun 2015 lalu, Bupati pernah menyampaikan pernyataan jika sampai PT Vale Indonesia tidak membangun pabrik atau smelter di Kolaka, maka dia sendiri yang akan memimpin masyarakat Kolaka untuk menggelar aksi pada PT Vale.

    "Sekarang kita saksikan sampai hari ini PT Vale belum merealisasikan janjinya membangun smelter. Sudah berapa kali PT Vale berjanji akan membangun smelter, tapi sampai hari ini nol besar," tegasnya.

    Dudi mengaku selama ini PT Vale hanya meguasai lahan di kabupaten Kolaka, tanpa ada kontribusi pada pemerintah dan masyarakat Kolaka, sebagaimana yang diberikan oleh PT Antam selama ini.

    "PT Vale taunya memberikan harapan palsu pada pemerintah dan masyarakat Kolaka," katanya.

    Karena itu, selain meminta janji bupati Kolaka untuk turun kejalan "mengusir" PT Vale karena belum membuktikan janjinya, juga menghimbau pada masyarakat Kolaka untuk melakukan popel power turun kejalan mendesak Kontrak Karya (KK) PT Vale Indonesia di Kolaka supaya dicabut dan lahannya diberikan kepada Pemda. (*)


    Penulis | Armin





VIDEO