• Kadis DPMD Koltim Warning Kades Untuk Tepat Waktu Setor LPJ

image_title
Ket: Musdes di Desa Polemaju dihadiri Kadis DPMD Koltim, Rabu (12/06/2019) Foto : Irwandar
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR ---Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengingatkan kepada seluruh Desa untuk tepat waktu menyerahkan Laporan Pertanggujawaban serta laporan berbasis Aplikasi tepat waktu.

    Hal tersebut di sampaikan Hanaruddin usai menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) di Desa Polemaju Kecamatan Poli - Polia, Rabu(12/06/2019). "Kita akan memperbaiki manajemen Desa saat ini, sanksi bagi yang tidak menyetorkan LPJ nya, Alokasi Dana Desa (ADD) tidak akan di cairkan", tegasnya.

    "Selama ini terkadang dana sudah cair dan pekerjaan sudah berjalan tapi bendahara tidak buatkan laporan, nanti mereka kerja kalau masuk akhir tahun, sehingga lpj molor bahkan karena porsir kerja laporan akibatnya banyak bemdahara kena penyamit Tipes", ucapnya kepada Bumi Sultra.com.

    Dikatakan,  LPJ harus disetor di bulan 6 tahap pertama dan kedua di bulan 12, jadi tidak.ada lagi LPJ yang molor di akhir tahun.

    "Jadi kita ini sifatnya pembinaan tehnik perangkat Desa (PTPD) dan itu ada landasan hukumnya yakni Peraturan Bupati Nomor 14/2017, jadi ini penegasan dan warning bagi Kades"  imbuhnya.

    Di tempat yang sama Kepala Bidang (Kabid) Pemdes Kusram Maroli mengungkapkan," inti dari Musdes di polemaju secara umum adalah terkait pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa sesuai Permendagri nomor 67/2017 dan Perbub nomor 14/2017.

    "Selain itu di polemaju sesuai permintaan warga untuk pergantian Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) sesuai Permendagri nomor 110/2017 tentang BPD. Selain itu di dalamnya pembentukan pengurus badan usaha milik Desa (Bumdes), perlu di ingat bahwa masa jabatan BPD di Koltim adalah 2020", ungkap Kusram.

    Kades Polemaju Jaya Andi Sahabuddin mengatakan Musdes ini membahas pembangunan Paud, Jambanisasj, Bumdes, kami porsir tahun ini kami selesaikan, terusterang indeks membangun Desa Polemaju ini paling rendah di Koltim.

    "Di awal jabatan saya selaku Kades di mulai tahun ini, Polemaju jaya ini akan kami bangun sehingga setara dengan Desa lainya", terangnya.

    Camat Poli - Polia Tellong Ramli berharap Kades baru Polemaju Jaya ini, mampu membawa Polemaju setara dengan desa lainya di Koltim,sehingga IDM nya dapat meningkat tahun ini. Kalau Kades baru ini bisa transparan dan memberdayakan warga di Desanya. ''Saya yakin Polemaju akan maju di banding sebelumnya, '' harapnya. (*)


    Penulis | Irwandar





VIDEO