• PHBI dan Pemkot Kendari Tetapkan Zakat Fitrah Rp 37.000 per Jiwa

image_title
Ket: Ketua PHBI, Alamsyah Lotunani
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Menentukan zakat fitrah tahun 1440 H / 2019 M, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang diketuai Alamsyah Lotunani bersama Pemerintah Kota dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kendari menggelar rapat di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, Rabu (15/5/2019).

    Alamsyah, menuturkan, dari hasil rapat maka disepakati zakat fitrah tahun 1440 H ialah untuk beras kualitas terbaik Rp. 37.000,- / jiwa, beras Kepala/Super Rp. 32.000,- /jiwa, beras ciliwung Rp. 29.000,- /jiwa, beras dolog Rp. 28.000,- /jiwa. "Khusus bagi warga kita yang masih mengkonsumsi jagung, sagu, dan ubi itu Rp. 20.000,-/Jiwa," paparnya.

    Tetapi, lanjutnya, hal tersebut masih menunggu surat keputusan dari Wali Kota Kendari. Dirinya pun mengatakan bahwa hasil rapat itu dijamin tidak akan berubah karena sudah menjadi kesepakatan bersama.

    Terkait pengumpulan nya sendiri, sambung Alamsyah, ada namanya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang sudah di SK kan oleh Baznas kota Kendari. Jadi, UPZ inilah yang menerima dan kemudian menyalurkan zakat. Dimana, sasarannya itu adalah fakir miskin.

    "Sesuai kesepakatan pula, kita beri dulu kepada yang fakir, selesai itu baru kepada yang miskin. Fakir yang dimaksud adalah mereka yang tidak bisa memenuhi kewajibannya hanya sampai seperdua dari kewajiban yang dia butuhkan, sementara yang miskin itu ¾," jelas mantan Sekretaris Kota Kendari ini. (*)


    Penulis | Septiana



VIDEO