• Tidak Tunaikan Kewajiban, Dishub Konut Minta Syahbandar Molawe Pending Terbitkan SIB

image_title
Ket: Aris L. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Konawe Utara
  • Share

    BUMISULTRA

    KONUT---Demi mempertegas PERDA nomor 15 tahun 2012, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Aris L, mengancam para penambang atau yang melakukan bongkar muat dan belum menyelesaikan kewajibannya tidak akan diberikan Surat Izin Berlayar (SIB) oleh Syahbandar Molawe.

    "Semua kapal yang melakukan aktivitas bongkar muat, baik itu ore (nikel) atau alat berat tidak diperkenankan meninggalkan Konawe Utara sebelum membayar retribusi sesuai perda nomor 15 tahun 2012," tegas Aris L, Senin (15/5/2019).

    Permintaan Dishub Konut ternyata mendapat sahutan positif dari Syahbandar Molawe untuk bekerjasama dalam hal perhubungan laut. Sehingga untuk memastikan kewajiban membayar retribusi setiap perusahaan itu, pihaknya menempatkan satu personil di Syahbandar Molawe guna memantau pergerakan kapal tongkang.

    "Setelah saya kemunikasikan dengan pihak Syhbandar Molawe untuk seperti itu, mereka juga telah mengiyakan akan seperti itu. Dan kami akan menempatkan anggota saya di kantor Syhbandar untuk monitoring semua. Jadi saya pastikan tidak akan ada kebocoran," ungkapnya. (*)


    Penulis | Suhardiman Sawali