• Dugaan Pungli SMPN 12 Kendari, Begini Tangapan Dewan

image_title
Ket: Ketua Komisi III DPRD Kendari, Sukarni Foto : Septiana
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Adanya laporan dugaan pungutan liar di lingkup SMPN 12 Kendari mendapat tanggapan dari Anggota Dewan dalam hal ini Ketua Komisi III, Sukarni. Pihaknya sangat menyangkan jika hal itu benar terjadi.

    "Berbicara soal kepentingan pendidikan, memang pemerintah sudah mengalokasikan anggaran. Dimana pada APBD Kendari, pendidikan mendapat jatah sebesar 20 persen, dana dari pusat pun 20 persen, dana pusat itu berupa dana BOS," ungkapnya saat ditemui diruang komisi III, Senin (8/4/2019).

    Dana BOS sendiri, katanya, diperuntukkan untuk keperluan sekolah yang mana jumlahnya setiap sekolah itu berbeda tergantung seberapa banyak peserta didik yang dimiliki sekolah. Jadi, seluruh kegiatan sekolah sudah dimasukkan dalam dana BOS.

    "Namun, kita tidak bisa serta merta menutup mata bahwasanya masih banyak sekolah-sekolah yang masih membutuhkan dana untuk kelancaran proses belajar mengajar. Seperti yang terjadi di SMPN 12 Kendari ini," terangnya.

    Dimana, jelas dia, pihak sekolah meminta sejumlah dana kepada orang tua siswa yakni sebesar Rp 200.000. Berdasarkan konfirmasi yang telah ia terima, sesungguhnya dana yang diwajibkan kepada orang tua siswa itu merupakan keputusan dari komite.

    "Jadi dana Rp 200.000 itu keputusan komite sekolah, hal itu juga berdasarkan musyawarah pihak sekolah dengan orang tua siswa. Sehingga tidak ada paksaan, yang salah jika komite memaksakan kepada orang tua siswa yang tidak mampu untuk memberikan sejumlah uang yang dia tidak sanggupi," terangnya.

    Apalagi, masih dia, jika ada keputusan sekolah tanpa melibatkan komite, itu sudah menjadi kesalahan fatal dari pihak sekolah. Berdasarkan informasi yang diterima pun bahwa uang Rp 200.000 dperuntukkan pengadaan komputer UNBK.

    Seperti diketahui, UNBK jelas membutuhkan fasilitas pendukung seperti PC. Tetapi tidak semua sekolah memiliki PC atau komputer yang cukup untuk menunjang keberhasilan ujian, sehingga inisiatif sekolah ialah meminta bantuan kepada pihak orang tua. Jika memang orang tua tidak keberatan. (*)


    Penulis | Septiana