• Pencairan DD Tahap Pertama, Desa Hakambololi Bangun Gedung PAUD

image_title
Ket: Titik nol pembangunan gedung PAUD Hakambololi di mana Tanah hibah sudah di lengkapi dokumen yang sah
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR - Desa Hakambololi Kecamatan Poli - Polia Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra ) merupakan Desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Baula Kabupaten Kolaka dengan letak geografis sebagian daratan dan sebagian pegunungan.

    Tahun ini 2019 Hakambololi kebagian Dana Desa (DD) sebesar Rp 855.160.000 atau (Delapan ratus Lima puluh lima juta seratus enam puluh ribu rupiah) dimana penyaluranya dibagi tiga tahap dalam setahun. Pada penyaluran anggaran DD tahap Pertama atau 20 persen sebesar 87.832.000 di gunakan untuk Pembangunan gedung PAUD serta pemberdayaan yakni pembayaran honor Bidan Desa, Kader Desa, Kader Kesehatan, guru mengaji serta guru TK.

    Kepala Desa (Kades) Hakambololi Tappa B.sc mengatakan, saat ini pihaknya memulai dengan pembangunan PAUD karena kebutuhan mendesak bagi anak anak TK yang jumlah muridnya 30 orang, untuk sementara mereka belajar di gedung darurat sampai selesainya pembangunan PAUD ini.

    ''Oleh TPK sementara dalam pengumpulan bahan material selanjutnya akan di kerjakan oleh tukang Desa. Kemudian posisi gedung PAUD ini berada di belakang Kantor Desa dengan ukuran 6 ×9. Sengaja kami membuat fasilitas perkantoran terpusat di satu titik guna memudahkan pelayanan masyrakat,'' ungkapnya kepada Bumi Sultra, Minggu (24/03/2019).

    "Sedangkan untuk lahan yang di gunakan gedung PAUD adalah tanah hibah yang sudah di lengkapi dokumen sehingga kedepan tidak ada lagi kendala, gaji Tiga guru TK pun kami bayarkan insentifnya lewat anggaran DD yang sudah di tetapkan di APBDesa", tegasnya.

    Masih kata Tappa bahwa pembangunan gedung PAUD sangat penting untuk kelangsungan generasi kami, apalagi warga kami yang menyekolahkan anaknya selain dari wilayah ibu kota Desa tapi juga sebagian dari wilayah pegunungan di beberapa Dusun.

    "Semua fasilitas PAUD di biayai DD hanya sehingga kedepanya anak anak begitupun guru sudah memiliki gedung serta sarana lain pendidikan yang mendukung tentu secara tidak langsung akan menambah semangat anak belajar, saat ini di wilayah Desa - Desa penghujung atau terpencil sarana pendidikan khususnya TK sebagian masih belum memiliki, dengan anggaran DD ini tentu akan membantu", pungkasnya. (*)


    Penulis | Irwandar



VIDEO