• Tony Herbiansyah : Pemotongan Gunung Lambotuo Dapat Permudah Akses Ekonomi Warga

image_title
Ket: bupati Tony di dampingi kadis pu dan kominfo saat meninjau langsung hasil pemotongan gunung lambotuo kec mowewe koltim, Kamis (14/03/2019).Foto : Irwandar
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR - Bupati Kolaka Timur (Koltim) H.Tony Herbiansyah, M.si melakukan kunjungan sekaligus memastikan hasil pekerjaan pemotongan gunung di Desa Lambotuo Kecamatan Mowewe Koltim Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (14/03/2019)..

    Tony Herbiansyah mengatakan catingan ini kami sengaja untuk mempermudah akses transportasi masyarakat, kita ketahui Lambotuo ini merupakan penghasil buah seperti Durian, Kakao serta sayur - sayuran.

    ''Nah selama ini kami melihat akses transportasi itu sangat kendala, di mana gunungnya sangat tinggi sehingga kita ambil kebijakan untuk di potong", ungkapnya saat di wawancara di lokasi Pengatingan Lambotuo.

    Lebih lanjut tony menjelaskan, untuk proses selanjutnya peningkatan, namun melalui proses di mamfaatkan dulu baru di tingkatkan. ''Harapan kami dengan dengan adanya akses yang mudah ini dapat meningkatkan mobilisasi ekonomi warga, akses pasar juga bisa lancar", harapanya.

    Tempat yang sama Kadis PU Koltim Bio Mansur mengungkapkan pemotongan gunung ini sumber dananya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019,

    ''Target kita itu tiga bulan ternyata selesai hanya 19 hari sementara progres pekerjaan sudah mencapai 80 persen", ungkapnya.

    Camat Mowewe Marwan menuturkan pemotongan gunung ini sepanjang 1.5 KM lebih, mulai dari Desa Puosu sampai batas Desa Lambotuo dan beberapa titik tertentu yang di kerjakan yang memang aga rawan bagi pengendara, dengan adanya pemotongan gunung, maka akses warga lebih mudah.

    ''Sehingga proses pengangkutan hasil buah buahan petani lebih cepat dan ongkosnya aga menjadi murah di bandingkan sebelumnya, pungkasnya.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kominfo Nyoman Abdi, Kadis PU  Bio Mansur serta seluruh masyrakat(*)


    Penulis | Irwandar



VIDEO