• Kakanwil Sultra Ajak Warga Tabayyun dalam Memerangi Hoax

image_title
Ket: Kakanwil Sultra, Dr H Abdul Kadir MPd saat membuka kegiatan lokakarya, Rabu (13/3/2019) malam
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr H Abdul Kadir M Pd menyampaikan pentingnya tabayyun (membahas kebenaran berita) dalam waspadai maraknya berita hoax akhir-akhir ini.

    Hal tersebut disampaikan Kakanwil saat memberikan materi sekaligus membuka kegiatan lokakarya wawasan multikultural dan jurnalisme damai, dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Kemenag Sultra dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, Rabu (13/03/2019) malam.

    Abdul Kadir, menegaskan, pada dasarnya media atau dunia jurnalis memiliki tiga fungsi. Yaitu, fungsi informatika,sosial, dan fungsi promosi.

    “Dalam fungsi informatika, tak jarang kita disuguhi berita yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan alias bohong. Untuk itu, tugas kita adalah melakukan tabayyun atau mengkomunikasikan berita sebelum ikut berita baru yang dimaksud." Lanjutnya.

    Terkait keragaman budaya di Indonesia, dia mengutip firman Allah didalam Al Quran Surah Al-Hujurat ayat 10. "Multikultur dalam konsep ke-Indonesiaan, memahamkan kita tentang Perbedaan bahasa, suku, budaya, dan agama yang ada di negeri tercinta ini,” tuturnya.

    Hal tersebut selaras dengan firman Allah yang mengatakan manusia diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling kenal. Orang yang paling baik atau mulia di sisi Allah adalah yang paling takwa.

    "Dalam memaknai keragaman bangsa kita, semboyan bijak orang Minang, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, cocok untuk kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat,” kata dia mengakhiri. (*)


    Penulis | Septiana



VIDEO