• Perbaikan Jalan dan Jembatan, PUPR Anggarkan Rp 500 Juta

image_title
Ket: Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Perbaikan beberapa ruas jalan dan jembatan terus dikebut guna melancarkan aktivitas keseharian masyarakat Kota Kendari. Untuk tahun ini, pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk pemeliharaan jalan dan jembatan di sekitar wilayah Ibu Kota Sulawesi Tenggara tersebut.

    Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana, mengatakan, ada beberapa titik yang saat ini sementara proses pengerjaan. Misalnya, jembatan depan Top Karaoke yang mengarah ke Bundaran Tapak Kuda. Dimana di wilayah itu, plat injak jembatan mengalami penurunan jadi harus ada perbaikan dari dasar jembatan.

    Sehingga, sambungnya, pihaknya melakukan penggalian dan timbun ulang dasar jembatannya sebab dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa amblas. Selain itu, ada pula jalan depan Hotel Kubra yang betonnya terbongkar yang disebabkan, umur jalan sudah cukup tua serta tonase kendaraan yang melintas terbilang berat. "Sekarang sudah selesai. Mudah-mudahan tidak rusak lagi," harapnya, Rabu (13/3/2019).

    Tidak itu saja, terangnya, prioritas perbaikan kondisi jalan yang sudah rusak antara lain di Jalan Syech Yusuf, mulai dari simpang Kopi Daeng hingga ke Bank Mandiri. Jalan Lasandara sudah masuk material dan akan segera diperbaiki. Termasuk di Jalan Buburanda, ada peningkatan kualitas jalurnya.

    Dirinya menambahkan, Jalan 2 jalur di depan RS Aliyah II dan Jalan Sorumba dekat pasar panjang juga masuk dalam prioritas Dinas PUPR Kota Kendari.

    "Masih ada sebenarnya titik-titik lain. Namun dengan keterbatasan biaya, ternyata hanya beberapa jalan saja yang bisa terakomodir di tahun ini," ungkap mantan Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Kendari itu.

    Sehingga, ucap Erlis, fokus pemeliharaan jalan dan jembatan merupakan aspek prioritas dari segi Bina Marga. Sementara untuk Cipta Karya, ada juga beberapa jalan lingkungan yang akan dibenahi oleh Dinas PUPR Kota Kendari. Untuk dananya sendiri, ia mengaku anggarannya bersumber dari APBD Kota Kendari tahun 2019.

    "Kami masih sisir yang mana prioritas, yang mana tidak. Sebab keuangan tidak memungkinkan sekaligus memperbaiki semua itu. Cuma yang pastinya, untuk pemeliharaan jalan dan jembatan tahun ini kami siapkan dana sebesar Rp 500 Juta," pungkas dia. (*)


    Penulis | Septiana