• Kelurahan Dapat Dana Stimulan, Lurah Diminta Tahan Godaan

image_title
Ket: Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Pembangunan yang merata menjadi konsen pemerintah pusat. Setelah memberi program dana desa sebagai wujud nyata membangun desa. Kini giliran kelurahan, diketahui pemerintah pusat memberikan program dana bagi kelurahan untuk meningkatkan pembangunan, program ini akan dimulai awal tahun 2019.

    Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menerangkan, dana stimulan yang dikucurkan pemerintah pusat tahun ini, agar dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan di kelurahan, baik untuk fasilitas penunjang pelayanan masyarakat maupun pembangunan di wilayah kerja lurah tersebut. Bahkan, dikesempatan yang berbeda, Sulkarnain meminta kepada masyarakat untuk menjadi pengawas di kelurahannya masing-masing.

    "Dana kelurahan yang akan dikucurkan cukup besar nominalnya, sehingga saya minta lurah tahan godaan dengan tidak menyalahgunakan tanggung jawab pengelolaan dana itu," tegasnya, Senin (11/2/2019).

    Pasalnya, terang dia, sudah banyak contoh kasus kepala desa yang terlilit kasus korupsi akibat menyalahgunakan dana desa. Melihat hal tersebut, diharapkan lurah khususnya di Kota Kendari mampu menggunakan dana kelurahan sebagaimana mestinya.

    "Bagi kelurahan dan kecamatan yang berhasil mengelola dana kelurahan dengan baik, akan ada dana stimulan dari Pemkot Kendari mulai Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar," tutur Sulkarnain.

    Melalui program tersebut, harapnya, ada perubahan yang signifikan baik pelayanan dan infrastruktur di masyarakat, karena kelurahan merupakan ujung tombak wajah pemerintah Kota Kendari.

    Sulkarnain juga berjanji, jika di tahun 2020 nanti, bagi camat yang berhasil membina kelurahan di bawahnya dengan baik, maka akan diberikan tambahan alokasi dana dan untuk kelurahan akan dipilih tiga kelurahan terbaik.

    “Bagi kecamatan yang sukses membina kelurahannya, akan diberi dana stimulan dari APBD sebesar Rp 1 milyar,” ungkapnya.

    Sementara, masih dia, tiga kelurahan terbaik akan diberikan dana Rp 700 juta, Rp 500, dan Rp 300 juta. (*)


    Penulis | Septiana





VIDEO