• UMK Perkenalkan Tarian Daerah Khas Sultra di Thailand

image_title
Ket: Mahasiswa UMK saat tampil di Melayu Day ke-6 di Thailand. Foto : Humas UMK
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Mengikuti kegiatan Melayu Day ke-6, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) dengan bangga memperkenalkan budaya khas Sulawesi Tenggara (Sultra) di Thailand, yakni menampilkan tarian lulo dan mondotambe.

    Diungkapkapkan Sekretaris Rektor UMK, Ahmad, dikegiatan tersebut UMK menjadi salah satu utusan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang mewakili Indonesia pada Kegiatan Melayu Day ke-6 di Taman Gajah Putih, Provinsi Yala, Thailand. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 8-10 Februari 2019 ini diikuti oleh tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan tentunya Thailand sebagai tuan rumah sendiri.

    Ahmad, menuturkan, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Thailand yang mengundang Konsulat RI di Songkhla, Thailand kemudian diteruskan ke Diktilitbang PP Muhammadiyah dan diteruskan lagi ke PTM untuk mengikuti kegiatan ini sebagai ajang promosi Kampus Muhammadiyah di Thailand.

    “PTM sendiri mengutus empat perguruan tinggi Muhammadiyah, diantaranya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jakarta, Sumatera Utara dan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK),” ungkapnya, Senin (11/2/2019).

    Dimana, sambungnya, UMK mengutus enam orang mahasiswa dan satu orang dosen untuk mengikuti kegiatan tersebut, dimana UMK berkesempatan menampilkan dua tarian tradisional Sulawesi Tenggara (Sultra) yaitu Tarian Lulo dan Tarian Mondotambe didepan publik Thailand.

    Salah satu penampil asal UMK, Muh Akbar Fitrahyanto, mengungkapkan, menjadi kebanggaannya bisa menampilkan tari tersebut dan membawa nama Kendari khususnya UMK bisa go international.

    “Kegiatan ini sangat menarik bisa menghadirkan budaya dari beberapa negara khususnya kebudayaan di Indonesia lebih khusus lagi di Kendari. Kami bangga karena sepertinya baru pertama kali malulo bisa ditampilkan di Thailand,” ungkap Akbar. (*)


    Penulis | Septiana




Berita Populer


VIDEO