• UNBK 2019, Dikmudora Kendari Benahi Server dan Jaringan

image_title
Ket: Pelaksanaan UNBK 2017/2018 Foto : Septiana
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Seperti di tahun-tahun sebelumnya. 2019 ini, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) kembali menyiapkan berbagai fasilitas pendukung untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Di tahun ajaran 2017/2018 kemarin seluruh SMP baik negeri maupun swasta serta Madrasah Tsanawiah lingkup Kota Kendari telah melaksanakan UNBK.

    “Di 2019 ini, kami akan terus benahi apa yang menjadi kendala pada pelaksanaan UNBK di tahun sebelumnya,” jelas Kadikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita, Jumat (8/2/2019).

    Adapun, lanjutnya, yang menjadi kendala pada UNBK 2017/2018 ialah masih kurangnya server. Server yang ada kemarin belum mampu mengimbangi komputer ataupun laptop yang digunakan oleh peserta ujian. Sehingga, solusinya ialah menambah server dan itu sudah terlaksana. Terkait jaringan, memang masih sulit tetapi pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan pihak Telkom.

    “Selain itu, listrik pun menjadi hal utama yang kita perhatikan. Diharapkan dari PLN tidak memadamkan listrik saat pelaksanaan UNBK berlangsung,” tuturnya.

    Dia, menambahkan, terkait sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK ini, memang ada sekolah yang sudah melaksanakan UNBK secara mandiri, dalam hal ini fasilitas yang dimiliki sudah baik. Tetapi ada juga sekolah yang muridnya masih harus menumpang ke sekolah lain dalam pelaksanaan UNBK.

    “Seperti diketahui, belum semua sekolah khususnya SMP memiliki fasilitas lengkap dalam menyelenggarakan UNBK. Jadi siswa itu harus numpang ke sekolah lain yang memiliki fasilitas lengkap termasuk SMA. Untuk itu, kami bekerjasama dengan pihak provinsi agar pelaksanaan UNBK 2019 berjalan lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Sartini mengakhiri. (*)


    Penulis | Septiana





VIDEO