• Miris, Peminat Lomba Cerdas Cermat Antar Sekolah di Muna Minim

image_title
Ket: ilustrasi Foto : google.com
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA--Peminat lomba cerdas cermat antar Sekolah di Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara ternyata sangat minim. Pasalnya kegiatan  yang akan digelar mulai tanggal 2-20 Oktober di Aula Polres Muna tenyata kurang menerima respon dari sebahagian pihak sekolah mulai dari tingkat SD,SMP bahkan SMA yang ada di Muna.

    Penangggunga Jawab Kejuaraan Cerdas Cermas, Boris Djafar mengungkapkan kegiatan yang diadakan ini merupakan hasil diskusi kita bersama Pihak Polres Muna dan Dinas Pendidikan karena semata mata bertujuan untuk mengasah kembali wawasan pengetahuan anak bangsa didunia pendidikan.

    "Selain cerdas cermat kita juga adakan lomba pra olimpiade antar sekolah dan itu semua berhadiah namun dari 314 sekolah di muna yang diundang yang respon cuman sekitaran 43 sekolah  berarti sekitaran 10 persen peminat cerdas cermat yang ikut,'' ujarnya Senin (1/10/2018).

    Lanjut pria yang kerap disapa Boris menambahkan kalau dilihat dari peserta sekolah yang tidak hadir sebenarnya apa alasannya tidak ikut serta dan siapa yang salah padahal sebelumnya kita sudah agendakan rapat dan yang hadir yakni Kadis Pendidikan dan Kepala bidangnya,Kapolres Muna,KCD Provinsi Sultra serta Para panitia lomba.

    "Bayangkan dari 215 SD yang diundang sedangkan yang ikut hanya 21 sekolah,SMP hanya 13 sekolah dari 74 sekolah dan SMA hanya 9 sekolah yang turut terlibat sedangkan totalnya 25 sekolah,'' paparnya.

    Sementara itu, Kadis Pendidikan Muna, Ashar Dulu mengatakan alasan banyaknya sekolah yang tidak hadir mengikuti lomba ini dikarenakan bahwa mulai Senin tanggal 1 oktober 2018 sesuai kalender pendidikan semua sekolah melaksanakan ujian midle semester atau ujian tengah semester sehingga sekolah yang jauh dr kota raha mengalami kesulitan untuk bolak balik

    "Itu alasan pihak sekolah saat saya tanyakan soal tidak ikut serta dalam lomba cerdas cermat antar sekolah selain itu juga ada beberapa sekolah yang jaraknya jauh dari kota raha serta memiliki siswa siswi yang sedikit dan merasa kesulitan untuk bolak balik ikut lomba tersebut."jelasnya

    Lebih lanjut Ashar menambahkan,Bukan hanya itu namun lomba siswa antar sekolah juga selama ini yang di lakukan selalu diawali dengan seleksi di kecamatan dan selanjutnya yang menjadi juara akan mengikuti lomba di raha."saat rapat kita juga sudah sarankan panitia yang sekaligus lembaga kursus di raha agar diawali dengan lomba dikecamatan,''  pungkasnya.

    Untuk diketahui Lomba cerdas cermat antar sekolah diadakan oleh bimbingan kursus LESC yang langsung menggandeng pihak Kepolisian Resort Kabupaten Muna. (*)


    Penulis | Ali Rasyid