• Kembangkan Sistem Penyediaan Air Minum Tersistematis, PSPAM Sultra Gelar Workshop

image_title
Ket: Satker PSPAM Sultra menggelar whorskhop di Plaza inn Kendari
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI-- Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Sulawesi Tenggara (Satker PSPAM Sultra) menggelar Workshop Konsolidasi Pendampingan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) di Plaza Inn Kendari, Senin (6/8/2018).

    Dalam pembukaan, Kepala Satuan Kerja PSPAM Sultra, Firman Aksara S.T menekankan bahwa Workshop ini adalah pendampingan dan review untuk memantapkan program pengembangan SPAM yang berkelanjutan dan tersistematis.

    "Pada dasarnya penyusunan RISPAM merupakan tanggungjawab Pemerintah Kabupaten/Kota, namun dalam hal bantuan teknis kami memberikan pendampingan dan review RISPAM yang akan menerima APBN. Ini adalah jawaban atas pengembangan SPAM yang berkelanjutan dan lebih tersistematis,'' katanya, dalam acara tersebut di Plaza Inn Kendari, Senin (6/8/2018).

    Tak lupa pula, Firman Aksara S.T menyampaikan bahwa Pemerintah membutuhkan inventarisasi daerah rawan air, sebagaimana menjadi instruksi terpadu Dirjen dalam mengejar target penyediaan akses air minum.

    "Sebagai instruksi terpadu Pemerintah, kami meminta segera inventarisasi daerah rawan air di daerah, agar menjadi acuan program kedepannya untuk pengembangan SPAM pada Tahun 2019 melalui kucuran APBN.,'' ujaranya.

    Pasca pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang digelar secara diskusi panel. Materi dibuka oleh Ir.Seskoadi Sidik S.T M.Sc , sebagai Tim Leader Konsultan Pendampingan Penyusunan RISPAM. Materi yang dibawakan berupa Penyiapan Dokumen Perencanaan SPAM. Hal ini merupakan bentuk pendampingan konsep yang terintegrasi dan tersistematis. Ia mengatakan bahwa penyeragaman RISPAM demi pengambangan SPAM yang sistematis dan berkelanjutan.

    "Kedepannya bentuk RISPAM tiap daerah mesti terintegrasi dan diseragamkan, dalam artian penyeragaman ini berdasar strategi pengembangan SPAM yang tersistematisasi dan berkelanjutan." pungkasnya ditengah-tengah diskusi panel.

    Materi dilanjutkan dengan tema Kebijakan dan Strategi Pengembangan SPAM, oleh Kepala Seksi Penyusunan Rencana Subdit Perencanaan Teknis Dirjen Cipta Karya, Ibu Kurnia Widiastuti S.T M.Sc.

    Dalam diskusi panel yang digelar, peserta yang terdiri dari unsur Dinas PU dan Bappeda Per kabupaten terlihat aktif menyampaikan keluhan-keluhan dilapangan terkait Penyusunan RISPAM. Salah satu peserta dari Dinas PU Buton Selatan, Yunarsi, menyampaikan pertanyaan terkait evaluasi RISPAM yang ada. Hal itu dijawab langsung oleh Kepala Seksi Penyusunan Rencana Subdit Perencanaan Teknis Dirjen Cipta Karya, Ibu Kurnia Widiastuti S.T M.Sc.

    Untuk diketahui Peserta undangan Workshop merupakan 7 Kabupaten terpilih di Sulawesi Tenggara. Dihadiri dari unsur Bappeda, Dinas PU sebagai pihak yang akan didampingi dalam penyusunan RISPAM. Penyeragaman Penyusunan RISPAM dilakukan dalam konsep yang berstrategi, tersistematis dan berkelanjutan. Kegiatan ini digelar 6-8 Agustus 2018, bertempat di Lotus Grand Ballroom Plazza Inn. (*)


    Penulis | Ali Rasyid