• Jokowi Pilih Abdullah Azwar Anas Gantikan Tjahjo Jadi MenPANRB

image_title
Ket: Abdullah Azwar Anas pasca dilantik Presiden Jokowi
  • Share

    BUMISULTRA

    JAKARTA - Presiden RI, Joko Widodo akhirnya menetapkan pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Posisi itu diisi, Abdullah Azwar Anas ditandai dengan pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

    Tjahjo Kumolo dinyatakan meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta pada awal Juli lalu. Tak berselang lama, Presiden pun menunjuk pelaksana tugas dijabat Menko Polhukam, Mahfud Md.

    Pengangkatan ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 75/2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukkan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri PANRB Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

    Sementara itu, Abdullah Azwar Anas dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) no 91B tahun 2022 tentang pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi yang juga ditetapkan pula Presiden RI

    Dalam sumpah janji dihadapan Presiden Abdullah Azwar Anas menyatakan kesungguhan dan pengakuannya terhadap Tuhan dan UUD 1945 serta mampu menjalankan segala peraturan perundang-undangan berlaku.

    "Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,"janjinya, mengikuti ucapan Presiden Jokowi.

    Pria kelahiran Banyuwangi Agustus 1973 itu dianggap mampu dan cakap menjalankan tugas selaku MenPANRB menggantikan pemdahulunya Tjahjo Kumolo

    Bahkan dalam unggahan terbarunya akun Facebook Presiden Joko Widodo, menyampaikan ucapan khusus kepada Mentri barunya tersebut.

    "Selamat bekerja Bapak Abdullah Azwar Anas sebagai Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi", tulisnya. (*)


    Penulis | La Ilu Mane