• Baju Kebesaran Kesultanan Buton Dipakai Jokowi Moment HUT RI ke-77

image_title
Ket: Presiden Ir.H.Joko Widodo dalam balutan pakaian adat kebesaran kesultanan Buton, di Istana Negara, Jakarta Pusat.
  • Share

    BUMISULTRA

    JAKARTA - Salah satu baju kebesaran kesultanan Buton  rupanya menjadi pakaian resmi Presiden Joko Widodo dalam peringatan HUT RI ke- 77 tahun ini diselenggarakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Rabu (17/8/2022) sekitar pukul 09.40 WIB.

    Baju dikenakan itu bernama Dolmani disulam oleh Husein warga kota Baubau. Baju itu bermotif kemerahan dari topi,baju dan celana serta hiasan melekat dalam seragam khusus itu.

    Tak lain tak bukan, dari perpaduan warna dan motif baju kebesaran kesultanan itu bermakna dari rakyat akan kembali kerakyat.

    Awalnya Jokowi lewat penjelasan Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah, memesan sedikitnya ada dua baju kebesaran kesultanan di Sulawesi Tenggara, masing-masing baju kebesaran adat Tolaki dan Buton.

    Meski kedua baju lewat pengakuannya telah dikirim ke istana negara sebagaimana permintaan tersebut rupanya Presiden Jokowi lebih memilih baju Dolmani guna mengikuti serangkaian upacara detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan RI ke -77.

    Jokowi pun nampak elegan mengenakan seragam itu, pasca penyelenggaran Upacara, ia turut diwawancara sejumlah awak media dengan seragam Kesultanan Buton,Dolmani.

    Lewat lawan www.sesnegri.go.id. menjelaskan jika peringatan Hari HUT  Ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini,  menjadi moment penting sebab bersamaan dengan momentum Presidensi Indonesia pada KTT G20.

    Pemerintah telah menetapkan tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI, yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

    Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.(*)


    Penulis | La Ilu Mane