• Salah Satu Kompleks Muna di Kota Sorong Menjadi Dampak Banjir

image_title
Ket: Banjir di Kota Sorong
  • Share

    BUMISULTRA

    SORONG--Kota Sorong. Salah satu kompleks di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat yang di dominasi penduduk nya merupakan asal Kabupaten Muna Raya, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir setelah hujan beberapa jam pada Kamis malam (16-7-2020).

    Banjir yang menggenangi kompleks kampung pisang, Kelurahan Remu Utara, Kota Sorong terjadi setelah hujan beberapa jam yang mengakibatkan ratusan rumah terendam dan penduduk mengungsi ketempat yang lebih tinggi, banjir di duga akibat hujan deras yang bertepatan dengan pasang nya air laut hingga air kali meluap.

    Hal tersebut di katakan oleh salah seoarang warga muna yang berdomisili di Kota Sorong, La Ode Ramlan, dirinya mengatakan hujan terjadi dari sore hari hingga malam yang mengakibatkan banjir setinggi leher orang dewasa.

    "Hujan deras di mulai dari jam 17.00 WIT. setelah hujan beberapa jam di susul dengan meluapa nya air kali dan merendam rumah-rumah penduduk, di karenakan air setinggi leher terpaksa kami mengungsi di tempat yang lebih tinggi dan menunggu air surut," ungkapnya saat ditemui di tempat mengungsi, Kamis malam (16-07-2020)

    Selain itu La Ode Ramlan juga mengatakan banjir di akibatkan turun nya hujan deras yang bertepatan dengan pasang nya air laut hingga air kali meluap.

    "Kalau di sini dahulu sebelum di pasang tanggul di pinggir kali terkadang sering banjir, namun setelah ada tanggul, ini yang pertama kalinya banjir lagi setelah beberapa tahun tidak banjir, biasanya banjir yang terjadi disini di akibatkan hujan deras dan bertepatan dengan pasangnya air laut, di karenakan kali disini bermuara kelaut." Jelasnya

    Dari pantauan wartawan Bumisultra.com hingga pukul 23.00 Wita, air mulai surut perlahan, dan warga setempat mulai membersihkan tempat tinggal mereka. (*)


    Penulis | Muizu