• Sukseskan Mai Te Wuna di Festival Budaya, 22 Peserta Ikut Prosesi 'Karia'

image_title
Ket: Festival Budaya Muna tampilkan prosesi Karia
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA---Dalam rangka mensukseskan program "Mai Te Wuna",Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna meggelar festival budaya diakhir penghujung tahun,dimana dengan menampilkan adat tradisi turun temurun yakni prosesi karia

    Prosesi adat "karia" ini diikuti oleh 22 peserta yang mewakili masing masing kecamatan yang ada di Muna ini adalah salah satu proses yang dilakukan dalam acara "karia" bagi masyarakat Muna yakni malam kafosampu.

    Kadis Dikbud Muna, Ashar Dulu menuturkan Ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk kembali melestarikan adat tradisi dan melestarikan serta meningkatkan nilai nilai budaya Muna yang bermartabat dan berdaya saing serta tak lepas dari visi misi pemerintah daerah.

    "Disini para peserta dibekali dan diberikan nilai budaya untuk menjadi sandaran hidup sehingga menjadi manusia yg berbudaya dan bermartabat kelak dikemudian hari."cetusnya

    Lanjut Ashar,kegiatan ini dilakukan sebagaiman proses yang sesungguhnya dan lewat festival budaya,semoga saja bisa kembali mengangkat nilai nilai seni budaya sehingga bisa bermanifestasi menuju masyarakat muna yang bermartabat.

    "Harapan kita,yakni masyarakat muna agar selalu melestarikan budaya muna,dimana selanjutnya kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan yang akan diadakan oleh Pemda setempat,'' pungkasnya. (*)


    Penulis | Ali Rasyid