image_title
Ket: Sidang pleno pramuka di Kantor Kwarcab Konut
  • Share

    BUMISULTRA

    KONUT--Sidang merupakan forum formal suatu organisasi guna membahas masalah tertentu dalam upaya menghasilkan keputusan, yang akan menjadi sebuah ketetapan dan aturan-aturan yang jelas.

    Ikbar SH. Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Konawe Utara (Konut) juga turut menghadiri acara pembukaan Rapat kerja tahunan dan dirangkaikan sidang pleno Pramuka bertempat di Kantor Kwarcab Desa Lahimbua Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara, Selasa (26/10/2021).

    Sidang tersebut digelar untuk membahas rencana kegiatan Kwarcab Konut tahun 2022 nanti, yang di ikuti oleh tiga komisi dan Kwartir Ranting (Kwarran). Keputusan dari persidangan ini akan mengikat seluruh elemen organisasi selama belum diadakan perubahan. Keputusan ini sifatnya final, sehingga berlaku bagi pihak yang setuju maupun tidak setuju, hadir atau tidak hadir dalam persidangan.

    "Unsur-unsur persidangan, Presidium sidang dipilih dari dan oleh peserta melalui Sidang Pleno yang dipandu oleh Panitia Pengarah (Steering Committee). Presidium Sidang bertugas untuk memimpin dan mengatur jalannya sidang seperti aturan yang disepakati bersama. Presidium Sidang berkuasa untuk memimpin dan menjalankan tata tertib persidangan." Ucap Anas Herson Wakil Ketua Kwarcab Konut.

    Dalam persidangan sudah pasti ada peserta sidang yang ditentukan berdasarkan tata tertib yang disepakati, terdiri dari peserta aktiv, pasif, dan peninjau.

    "Dalam persidangan peserta memiliki Hak dan kewajiban. seperti hak bicara, mengeluarkan pendapat, mengajukan usulan pada pemimpin sidang baik lisan maupun tulisan."lanjutnya.

    Wakil Ketua Kwarcab Konut yang juga sebagai andalan Daerah Kwarda Sultra menambahkan, bagi peserta sidang diwajibkan untuk menaati tata tertib persidangan, dan menjaga ketenangan selama persidangan.

    "Dalam persidangan peserta wajib berpartisipasi dalam mencari penyelesaian permasalahan yang di bicarakan dan ikut serta ikut menyumbang buah fikiran yang positif dan bermanfaat" tegasnya.

    Lanjutnya, Rapat koordinasi (Rakor) yang berlangsung sidang pleno dan harus dilaksanakan setiap tahun, bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan Pramuka di tahun ini agar bisa membahas hambatan-hambatan apa yang terjadi pada tahun ini, untuk dimasukkan perencanaan pada tahun berikutnya.

    "Rakercab adalah tempat untuk berdiskusi dan menyampaikan apa yang perlu dibenahi. pelaksanaan raker tentu kita sangat membutuhkan masukan dari para peserta, agar Pramuka tetap menjadi organisasi kepercayaan masyarakat dalam mendidik karakter mental, yang memiliki kemampuan sikap dalam mencapai prestasi." tutupnya. (*)


    Penulis | Suhardiman Sawali