• Dirjen Dukcapil Kemendagri Berikan Penghargaan GISA pada Bupati Konsel

image_title
Ket: Bupati Konsel, Surunuddin saat terima penghargaan dari Dukcapil Kemendagri RI, Prof. DR. Zudan Arif Fakrulla di Lapangan Latamoro, Koltim, Selasa (2/10/2018).
  • Share

    BUMISULTRA

    KONSEL--Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST., MM menerima penghargaan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang diserahkan langsung oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri RI, Prof. DR. Zudan Arif Fakrullah, SH.MH di Lapangan Latamoro Rate-Rate Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Selasa (2/10/2018).

    Penganugerahan di berikan pada acara pencanangan GISA Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang juga di hadiri dan saksikan Wakil Gubernur Dr. H. Lukman Abunawas, SH.,M.Si dan Bupati Koltim Drs. H. Tony Herbiansyah, M.Si, Bupati Konawe Kerry Konggoasa, serta unsur Forkopimda, yang mana kegiatan tersebut mengangkat tema "Melalui GISA Kita Wujudkan Tertib Administrasi Kependudukan yang Membahagiakan dan Mensejahterahkan Masyarakat Menuju Sukses Pemilu 2019".

    Kabupaten Konsel merupakan salah satu daerah yang terpilih dan terbaik bersama Kabupaten Koltim dari 17 Kab/Kota yang ada di Sultra, yang mana penganugerahan penghargaan di berikan atas prestasi dan partisipasi serta kepatuhan Pemda Konsel dalam mensukseskan penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan.

    Dalam sambutannya, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Pemda Konsel dan Koltim atas prestasi terbaik dalam tata kelola administrasi kependudukan dan pelayanan pencatatan sipil, dan berharap wilayah lain yang ada di Sultra bisa mengikuti jejak mereka yang sudah meraih penghargaan tersebut, dan juga dapat turut serta mensukseskan program GISA yang pencanangannya di mulai di daerah Koltim, yang tentu berimbas dengan kelancaran pembangunan di wilayah masing-masing.

    "Salah satunya mendukung program proses penyelesaian perekaman KTP-e paling lama satu jam saja, dan melakukan gerakan jemput bola dengan mendatangi sekolah, kantor atau rumah penduduk, dengan target bulan Desember 2018 secara nasional terselesaikan terkait perekaman dan pencatatan akta kelahiran, termasuk mendata pemilih pemula sehingga mereka tertib administrasi kependudukan dan bisa menyalurkan hak pilihnya pada pilpres 2019," tandasnya.

    Pada intinya program GISA, tambah Zidan, semua penduduk indonesia harus memiliki dokumen yang seharusnya, dan semua proses pendudukan dicatat dari lahir hingga meninggal dunia dalam suatu sistem pelaporan yang akan di bantu pemerintah baik melalui Disdukcapil maupun Data BPJS dan Rumah Sakit serta di dukung KPU dan Bawaslu demi akurasi pergerakan kependudukan.

    Zidan juga menjelaskan bahwa perkembangan teknologi terbaru di bidang administrasi kependudukan, yakni pembuatan akta kelahiran bisa di keluarkan secara online dan boleh di print outkan sendiri yang berlaku secara nasional, tetapi jika ingin mencetak sesuai lembaran yang beredar bisa langsung kediscapil secara gratis.

    Terkait mengenai keberhasilannya, kata Surunuddin Dangga, mengucapkan terima kasih atas kinerja dan sinergi pihak terkait khususnya Disdukcapil Konsel,  terutama atas dukungan dan kepedulian seluruh masyarakat Konsel dalam melakukan pengurusan surat kependudukan, yang juga merupakan salah satu program utama yang dituangkan olehnya dalam Visi Misi Pemda Konsel, yakni dengan melakukan pembangunan infrastruktur gedung baru pada kantor Disdukcapil serta melengkapi sarana dan prasarananya agar dapat memberikan kenyamanan dan ketepatan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus surat dukcapil,

    "Selain itu kami fokus pada penataaan administrasi kependudukan yang tertib dan lebih baik, yang mencakup KTP-el, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kematian, Perkawinan non muslim, Pindah penduduk serta Akta pengangkatan/adopsi anak," kata Surunuddin.

    Menurut Surunuddin pihaknya terus berupaya mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang juga dalam rangka tertib administrasi kependudukan,.

    ''Sehingga ketika di butuhkan untuk pengurusan di bidang apa saja sudah siap dan sedia, termasuk bisa menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan Presiden dan legislatif mendatang," jelasnya.

    Selain itu lanjutnya untuk mensukseskan program GISA yang baru di canangkan Dirjen Dukcspil, dengan menetapkan satu Desa satu Kecamatan di wilayah Konsel dengan Program sadar pemamfaatan administrasi data kependudukan dan pelayanan menuju desa maju konsel hebat dan terwujudnya data base kependudukan yang akurat.

    "Alhamdulillah, perekaman KTP-e wilayah Konsel sesuai data Discapil, sudah mencapai 91% atau sebanyak 191 ribu yang sudah terekam dari 208 ribu yang akan di rekam sesuai data 2018 dengan jumlah total penduduk 308.201 Jiwa, dan capaian cakupan akta kelahiran sudah mencapai 85 % atau sebanyak 97.770 jiwa dari target nasional 108.663 jiwa pada usia 0-18 Tahun, dimana pada akhir tahun 2018 harus capai 100%," pungkasnya. (**)

    Sumber : Humas Pemda Konsel


    Penulis | redaksi