• Peringati HUT Kolut ke 15, 36 OPD Bertarung Permainan Tradisional

image_title
Ket: Pertandingan tradisional jadi ajang diacara HUT ke 15 Kolut Foto;Baharuddin
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLUT - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kabupaten Kolaka Utara ( Kolut ) ke - 15, yang jatuh pada tanggal 7/1/2019, di lapangan Aspirasi Lasusua Lingkup Perkantoran, 36 Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) menggelar pertandingan permainan Tradisional jaman dulu diantaranya, pertandingan lomba Terompah, Maggasing/ makkede, lari sarung, enggrang, tarik tambang serta permainan lomba Maccuke yang terbuat dari pelepah sagu.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kolaka Utara, Tahrim Hodi mengungkapkan dalam kegiatan olah raga tradisional, ini untuk memeriahkan HUT kolut yang ke 15, di mana beberapa olah raga tradisional jaman dulu akan di pertandingkan diantaranya permaianan lomba maggasing, enggrang dan Maccuke yang bahan permainan terbuat dari pelepah sagu .

    "Yang kami laksanakan dalam kegiatan ini, bukan olahraga yang menantang, tetapi olah raga yang rekrasi dan rekreatif yang di perlombakan antar SKPD, di sini bukan olahraga berat, tetapi olah raga tradisional permainan jaman dulu yang menarik penuh tawa, " kata Tahrim kepada Bumisultra.com seusai kegiatan pertandingan. Jum'at (4/1/2019).

    Dikatakanya, dalam kegiatan selama empat hari ini, bertujuan untuk mempererat dan menjalin silahturahmi antara OPD maupun organisasi wanita yang ada di lingkup pemerintahan, karena kegiatan perlombaan permainan tradisional banyak di minati .

    "Untuk tahun ini, kita upayakan olahraga yang sipatnya tradisional, karena kita tahu olahraga tradisional jaman dulu, hampir puna di masyarakat, adanya olahraga tradisional kita lombakan yang penuh tawa ini, akan berdampak pada diri kita sendiri, contoh, perlombaan Maccuke kita akan teringat masa - masa kecil kita, termasuk permaianan enggrang dan Maggasing," tutupnya (*)

    Penulis : bahar


    Penulis | Bahar