• KPK Tanggapi Rencana Pakta Integritas Plt Bupati Koltim untuk Cegah Korupsi

image_title
Ket: Gedung KPK
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Beberapa pekan lalu Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abdul Azis saat menjawab pertanyaan awak media terkait upaya atau langkah Pemda dalam mencegah korupsi akan melakukan pakta integritas, sekalipun menurut KPK RI sendiri bahwa pakta integritas belum menjamin Pemda atau Kepala Daerah akan beritegritas, namun paling tidak apa yang dilakukan Azis sebagai langkah awal yang bagus untuk membersihkan  korupsi kedepanya.

    Terkait hal tersebut mendapat respon dari Dit Korsup wilayah IV KPK RI Muhammad Muslimin Ikbal, dirinya menegaskan bahwa untuk pakta integritas  memang belum menjamin Pemda atau Kepala Daerah untuk berintegritas, tapi setidaknya sudah ada komitmen tertulis oleh Kepala Daeeah tersebut.

    ''Jadi sama - sama bisa menjaga dan bisa mengingatkan Kepala Daerah apabila ada indikasi penyimpangan, '' ujarnya saat di wawancara  melalui pesan singkat Whatsap, Selasa (13/09).

    Masih kata Muslimin, bila Plt Bupati ingin melakukan audit tentu itu adalah kewenanganya sebagai Kepala Daerah dan harus di dukung oleh semua pihak.

    ''Sehingga dapat terlaksana pemerintahan yang baik dan tentunya dalam audit sendiri tentu disini inspektorat yang akan menjadi leadingnya,'' tandasnya. (*)


    Penulis | Irwandar