image_title
Ket: Pembukaan Musrembang oleh Pj Bupati Koltim Hj Andi Merya Nur
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Hj Andi Merya Nur secara resmi membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 2022 dengan tema meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor unggulan dan percepatan pembangunan Infrastruktur Dasar, Selasa (6/4/2021).

    Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Aula Pemda Koltim yang di hadiri Kepala Bapeda Provinsi, Ketua Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD)Koltim Suhaemi Nasir bersama anggota lainya, Akademisi Universitas Haluoleo, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa SIK, Pj Sekda Koltim Andi Muh Iqbal tongasa, Ketua TP PKK Koltim Hj Diana Samsul Bahri serta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat serta Kepala Desa ( Kades) dan lurah.

    Plt Bupati Koltim Hj Andi Merya Nur dalam sambutanya mengatakan, ada empat prioritas pembangunan Koltim 2022 yakni, pembangunan manusia melalui aspek pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pariwisata serta pertanian, dan kesempatan kerja, pelestaruan lingkungan hidup, pengembangan budaya serta tata kelola Pemerintahan, terangnya.

    Dijelaskanya, prioritas RKPD 2022 telah di selaraskan dengan prioritas Provinsi dan prioritas Nasional tahun 2022. Dengan mengacu pada isu strategis rancangan RPJMD Koltim.

    "Pemerataan pembangunan di Koltim menjadi prioritas Pemerintah Daerah berdasarkan isu strategis dan arah kebijakan yang akan dituntaskan dalam masa RPJMD untuk perencanaan 2022, kita harap dapat menyentuh permasalahan penting yang ada dalam masyarakat sehingga program yang kita harapkan dapat direalisasikan antara lain, pemberian jaminan kesehatan melalui kartu sehat daerah, pembangunan infrastruktur jalan Kabupaten, peningkatan jalan provinsk dan Nasional, pemberian stimulasi bagi pembangunan infrastruktur Desa/Kelurahan, pengembangan komoditi unggulan Koltim yakni Cacao, nilam, padi sawah dan penanganan pasca panen, menumbuhkembangkan wisata Desa, dan mempromosikan potensi wisata Koltim, peningkatan kapasitas tokoh adat, lembaga adat, agama, peran Pemuda serta pengembangan disiplin aparatur", bebernya.

    Dalam kesempatan itu, Andi Merya Nur menyampaikan sejumlah data awal indikator yang dicapai Koltim, diantaranya pertumbuhan ekonomi mencapai 5,63 persen, PDRB (atas dasar harga berlaku) 4.427, 150.000 rupiah pertahun, PDRB (atas dasar harga konstan) 3.297.770.000, dan IPM 66,49 serta tingkat penduduk miskin turun diangka 13.71 persen.

    Di tempat yang sama Kepala Bapeda Provinsi menyampaikan bahwa Musrenbang ini sangat penting dan di sesuaikan dengan isu strategis provisni begitupun Nasional. Diapun menyebutkan bahwa dari 15 kabupaten di Sultra, hanya Koltim yang mendapat Program I -Care kerjasama dengan bank Dunia dengan anggaran 1 triliun lebih, tandasnya.

    Usai dibuka oleh PLt Bupati Koltim, dilanjutkan pembahasan materi dengan narasumber plt Bupati Koltim, Kepala Bapeda Provinsi, Dinas Pariwisata Provinsi, serta Akademisi dari Unhalu. (*)


    Penulis | Irwandar