• Pemda Koltim dan Bank Dunia Tingkatkan Kerjasama Dibidang Pertanian

image_title
Ket: Plt Bupati Koltim Saat menerima Tim I- Care
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Hj Andi Merya Nur hari ini menerima Tim I-CARE Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) (Kepala BPTP dan rombongan) didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Kepala Bapeda Koltim bertempat dikantor Bupati Koltim, Rabu (31/03).

    I - CARE (Integrated Corporation Of Agricultue Reseaexh, Develompment and Empowerment) adalah pengembangan model pertanian berbasis inovasi dan korporasi pertanian.

    Plt Bupati Koltim Andi Merya Nur sangat merespon dan berterima kasih atas penunjukan Koltim sebagai lokus kegiatan dan menyanggupi untuk menyiapkan anggaran pendamping / dana sharing karena bantuan Bank Dunia mengharuskan demikian, harapnya.

    Sementara itu Kadis Pertanian Koltim Lasky Paemba menyebutkan, sumber dana program ini dari Bank Dunia (Loan) yang akan turun mulai tahun 2022 sampai 2027 sebesar 100 juta US Dolar. Kegiatan tersebut nantinya itu integrasi Kakao dan Sapi, ungkapnya.

    Lanjut Lasky, adapun langkah strategisnya adalah pengbangan kawasan komoditi unggulan pertanian berbasis korporasi yang berkelanjutan.Objectivenya Mengembangkan sistem produksi pertanian diversifikasi dan rantai nilai produk pertanian yg inklusif di kawasan/lokasi pertanian untuk mendukung ketahanan pangan berkelanjutan melalui kegiatan dan pemberdayaan hasil penelitian dan pengembangan pertanian secara integratif dan kolaboratif, tandasnya.

    Dengan demikian dapat Berkembanya kawasan pertanian berbasis inovasi dan korporasi pertanian, mendukung ketahanan pangan dan percepatan pencapaian sasaran pembangunan pertanian Nasional, sambungnya.

    Adapun Penerima manfaat diantaranya, Petani, Kelompok tani, Gapoktan, Asosiasi/korporasi petani Pemerintah Daerah (Pemda) dan stkeholder lainya. ''Dan program ini direncanakan akan mulai berjalan di koltim tahun 2022 sampai 2027, '' tutupnya.(*)


    Penulis | Irwandar