• Desa Iwimeajaya Wakili Koltim Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi Sultra

image_title
Ket: Kepala Desa Iwoimeajaya, Roy saat menyambut kedatangan tim penilai P2WKSS tingkat provinsi, Senin (05/11).
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR - Usai menyelesaikan Lomba Desa tingkat Kabupaten, di lanjutkan Lomba Toga, kemudian hari ini Desa Iwoimeajaya Kecamatan Aere kembali mewakili Kabupaten Koltim Lomba Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sulawesi - Tenggara (Sultra).

    Persiapan pun dilakukan secara matang, namun hal ini tidak membuat warga Iwoimeajaya panik dalam menghadapi Lomba, karena kebersihan halaman, kesehatan bahkan tingkat pemberdayaan wanita sudah lama berjalan, sehingga menyambut Lomba P2WKSS hanya sebatas pembenahan.

    Sekalipun berada di wilayah pedalaman, namun antusias warga dalam menghadapi lomba sangat besar, bukan hanya itu tapi kegiatan - kegiatan di Desa pun nampak terlihat para kaum wanita andil dalam menjalankan aktivitas khususnya ketrampilan untuk pendapatan ibu rumah tangga, dan ini sangat terkait dengan peningkatan peranan wanita sejahtera.

    Bupati Koltim dalam sambutanya mengatakan lomba ini merupakan program pemerintah dalam rangka menanggulangi kemiskinan serta upaya mengembangkan sumber daya manusia, lingkungan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat di mana perempuan sebagai penggeraknya.

     "Diharapkan Desa Iwoimeajaya yang mendapatkan kepercayaan, agar suasana seperti ini tetap di pelihara dan di tingkatkan agar menjadi contoh bagi Desa lain yang belum pernah mengikuti Lomba,'' urainya saat memberikan sambutan di Iwoimeajaya, Senin (05/11).

    Dikatakan bahwa potensi ibu - ibu luar biasa ada yang pintar jahit menjahit, membuat kue - kue. ''Ini adalah potensi yang menjanjikan, jadi bagaimana ini potensi di gali sehingga menambah pendapatan keluarga. Kami sudah menganggarkan di Kabupaten, Kecamatan dan di Desa saya wajibkan menyisihkan anggaranya agar bagaimana PKK ini bisa berkembang, '' terangnya.

    Ketua tim penilai lomba P2WKSS Provinsi Andi Tenri Rawe Silondae kepada Media ini mengungkapkan bahwa ini  penilaian yang dilakukan oleh masing - masing tim sesuai dengan tupoksi masing - masing, setelah itu barulah kita evaluasi, ungkapnya saat di wawancara di tempat penilaian, 

    ''Dari 17 Kabupaten Kota, empat Kabupaten sudah kami lakuka penilaian untuk Koltim sendiri adalah yang ke Lima, selanjutnya usai penilaian kami akan melakukan penilaian di Kolaka Utara, Kolaka Bombana hingga ke Kabupaten Kepulauan, '' kata Andi Tenri.

    Camat Aere Sawal Sarifudin yang di wawancara mengatakan mengharapkan kedepan adalah bagaimana peranan wanita ini bisa lebih eksis khususnya kesejahteraanya. ''Seperti yang di sampaikan bupati kita perlu menggali potensi yang ada, ini merupakan Pekerjaan rumah buat kami kedepan agar makin berkembang khususnya peranan wanita dalam mengelola potensi yang ada, '' harapnya. (*)


    Penulis | Irwandar