image_title
Ket: Deklarasi STBM yang dihadiri Kadis Kesehatan dan Wali Kota serta Wakil Wali Kota Kendari
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI-Pemerintah kota (Pemkot) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)  melalui Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Hotel Claro, Jumat (9/9/2010). Hal ini dilakukan sebagai komitmen Kota Kendari untuk menjadikan Kota Kendari yang Sehat.

    Kepala Dinas Kota Kendari, drg Rahminingrum membeberkan bahwa hasil evaluasi 5 pilar STBM yang dilakukan tim verifikasi pihaknya telah mengambil langkah bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan sarana dan prasarana untuk mendukung  5 pilar tersebut.

    "Dan kita berharap agar kedepan Kota Kendari menjadi Kota Open Defecation Free. Untuk mencapai itu dibutuhkan semua ikut berperan termaksud masyarakat,'' katanya.

    Sementara itu Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan Deklarasi STBM ini menjadi bagian visi misi Kendari untuk menjadi Kota Kendari yang berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi.

    ''Saya berharap apa yang kita lakukan ini bisa jadi tanggung jawab agar lingkungan kita menjadi sehat,'' ujar Wali Kota.

    Adapun 5 pilar itu yang sudah tercapai diantaranya, pertama bebas dari buang air besar sembarang, sidah mencapai 100 persen. Pilar kedua mecuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir capai 62 persen. Pilar ketiga, pengelolaan air minum dan makanan RT capai 67 persen. Pilar keempat, pengamanan smapah rumah tangga (RT) capai 53 persen sendakan pilar kelima pengamanan limbah cair RT telah mencapai 55 persen.

    Pembacaan naskah Deklarasi oleh Camat Mandonga, Alimin. Kemudian diakhiri dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. (*)


    Penulis | La Ode Sarni