• Surya Adelina, Istri Bupati yang Berhasil dalam RT dan Karir

image_title
Ket: Surya Adelina
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR--Siapa yang tidak kenal sosok Ir Surya Adelina  yang juga istri dari Bupati Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tony Herbiansyah ini. Mungkin sebagian publik hanya mengenal sekilas dengan karirnya saja, namun disisi kehidupanya ternyata dirinya sosok seorang ibu rumah tangga (IRT) yang lebih menomor satukan keluarganya.

    Menjadi istri seorang pejabat penting di Koltim tidaklah mudah, disisi lain dirinya juga tidak hanya sebagai Ibu Rumah Tangga namun juga ketua TP PKK Koltim, serta karirnya sebagai Kepala Dinas (Kadis) Dikmudora, bagi wanita biasa mungkin sulit rasanya untuk mengatur waktu bersama keluarga.

    Untuk mengetahui secara mendalam kehidupan sehari- hari Surya Hutapea, jurnalis Bumi Sultra.com menyempatkan melakukan wawancara di ruang kerjanya terkait kehidupannya sebagai IRT yang sukses memenej waktu, antara karier dan keluarga, Jumat (27/12/2019).

    Dalam wawwcara tersebut wanita cantik ini menuturkan bahwa kendati dia memegang jabatan Kepala Dinas, Ketua PKK dan seabrek kegiatan lainnya terkait jabatan dia dan sebagai istri orang nomor satu di Kabupaten Koltim ini, namun sebagai wanita dia tetap menjalankan kewajiban sebagai istri bagi suaminya, dan ibu bagi anak-anak dalam rumahnya.

    "Dalam setiap kesempatan saya selalu menyampaikan kepada ibu Dharma Wanita dan PKK bagi saya sesibuk apapun keluarga tetap nomor satu,'' cerita istri Tony Herbiansyah ini.

    Salah caranya lanjut Surya, ia  harus pintar membagi waktu dengan baik agar semua bisa terhandela, contohnya pada malam hari, walaupun dia tidak terjun lagsung, tapi selalu  sampaikan sama anak - anak di rumah, mulai dari makanan, pakaian sampai di kamar sehingga bapak merasa tidak terganggu.

    ''Kadang memang saya jarang makan malam bersama karena kesibukan, tapi semua kebutuhan Rumah Tangga tetap terjaga. Ada tiga hal penting yang saya pegang dalam mengatur rumah tangga, yakni mulai dari pakaian suami, makanan serta kamar tidur, saya tidak akan tinggalkan kamar sampai saya mengepel sendiri tiap hari, handuk di jemur, setelah semua beres baru saya tinggalkan sehingga bapak pulang khan nyaman", tuturnya.

    Kemudian hal yang tidak semua wanita dapat lakukan di zaman sekarang, wanita yang selalu tampil cantik dan modis ini mengaku  bahkan sepatu suaminya, Tony Herbiansyah ia semir sendiri.

    ''Begitu juga baju yang sudah disterika pembantu saya sterika ulang untuk memastikan kerapianya. Kenapa saya berani berbicara dihadapan publik karena memang saya melakukan apa yang menjadi tanggungjawab seorang istri di rumah, jadi di areal kamar saya sendiri bersihkan, perlu juga di ketahui ada hal privat yang sangat prinsip tidak boleh di suruh orang lain,'' kisahnya.

    Bahkan kata wanita berjilbab ini, jika suaminya keluar daerah dia akan bertanya pakai baju batik apa, berapa hari, semua dipersiapkan. ''Jadi semua  urusan suami dalam rumah saya lakukan sendiri, tidak bergantung sama pembantu, pakaianya saya masukan dalam koper bapak, ajudan tinggal angkat saja, '' katanya.

    Terkait menjaga kesehatan, Surya kembali menjelaskan selama ini ia tidak pernah minum obat, tipsnya jangan menggosip, kalau waktu di rumah santai, selalu merasa cukup dan jangan selalu merasa kurang dan happy.

    ''Waktu santai ya santai waktunya kerja ya kerja. Adapun soal makanan, saya sembarang saja tetap suka makan buah, berbeda dengan bapak, pola makanya teratur, sebelum makan, dan sesudah makan pasti makan buah, artinya terkait makanan bapak lebih teratur dibandingkan saya," ujar Surya menutup pembicaran dengan Bumisultra. (*)


    Penulis | Irwandar




Berita Terpopuler