• Banjir di Konut, Kepala BNPB Pusat : Ini Misi Kemanusiaan, Bantuan Jangan Ditunda

image_title
Ket: Kepala BNPN, Doni bersama Bupati Konut Ruksamin saat tinjau lokasi banjir
  • Share

    BUMISULTRA

    KONUT—Dari tahun-tahun sebelumnya terjadi hujan di Sulawesi Tenggara (Sultra), Kabupaten Konawe Utara (Konut) khususnya, ini bencana paling parah karena hujan yang terus menerus mengakibatkan banjir dan ratusan rumah terendam serta ribuan warga Konut harus mengungsi di ketinggian dan tempat yang aman.

    Kondisi ini menjadi isu nasional dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Doni Monardo  langsung ke lokasi banjir di Konut.

    ‘’Mengingat waktu tanggap darurat sudah mepet  saya  meminta waktu malam ini harus sudah siap planningnya titik yang sudah dipastikan. Dalam misi kemanusiaan ini jangan tertunda-tunda lagi, harus cepat.   Saudara-saudara kita sudah sangat membutuhkan kita di lapangan,’’ tandasnya.

    Sementara itu Bupati Konut, Ruksamin yang kerap mendapat hujatan di Media Sosial karena dianggap lalai dalam menjalankan kepemimpinannya mengatakan tidak perduli apa hujatan di media sosial.’’Yyang penting apapun saya mau urus rakyat saya" kata Ruksamin.

    Sementera itu data yang dihimpun Bumisultra  hingga hari ini (10/6/2019) jumlah Desa yang terendam ada 31 Desa dari 6 Kecamatan, dengan jumlah pengungsi mencapai  4.198 jiwa dari 1.091 Kepala Keluarga (KK).

    Kecamatan Asera 13 Desa, jumlah korban 420 KK, 1911 jiwa, Kecamatan Oheo 7 Desa yang terrensam, jumlah korban 44 KK, 394 jiwa, Kecamatan Andowia 5 Desa, 522 KK, 1.665 jiwa, Kecamatan Langgikima 2 Desa jumlah korban 12 KK, 48 jiwa, Kecamatan Landawe 4 Desa 45 KK, 180 jiwa, sedangkan Kecamatan Wiwirano belum masuk datanya yang disebabkan akses jalan penghubung terputus. (*)

     

     


    Penulis | Suhardiman Sawali




Berita Terpopuler