• Butur Kembangkan Pembangunan Berbasis Agro Marine

image_title
Ket: Sekda Butur Drs. Muhammad Yasin membacakan sambutan Bupati Buton Utara sekaligus membuka dengan resmi diskusi
  • Share

    BUMISULTRA

    BUTUR--Agenda Diskusi bersama Kementrian Perdagangan terkait pengembangan ekspor komoditas organik yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Buton Utara Muhammad Yasin di Aula pertemuan Hotel Sara'ea, Kecamatan Kulisusu, Selasa (3/09/2019.

    "Pertama-tama kami sampaikan permohonan maaf dari bapak Bupati tidak bisa hadir pada acara ini, sebenarnya bapak Bupati sudah lama menunggu kegiatan ini. Namun beliau mendadak di panggil oleh Ibu Megawati karena selain sebagai Bupati beliau juga sebagai ketua DPD Provinsi Sultra" ucapnya mengawali sambutannya.

    Merupakan Kabupaten yang mekar pada tahun 2007 berbatasan langsung dengan laut Banda, Buton Utara memiliki luas wilayah 1.923 KM terdiri dari 6 Kecamatan 78 desa, 14 Kelurahan yang mayoritas penduduknya petani dan nelayan memiliki sumber daya alam yang besar sangat potensial dikembangkan komoditas Organik.

    "Kebijakan Pemda menjadikan pertanian organik sebagai program unggulan daerah juga mempertimbangkan aspek ekologis pertanian berkelanjutan merupakan implementasi dari sala satu kebijakan pemerintah pusat yakni Nawacita presiden 1000 desa organik" ungkapnya.

    Dikatakan pengembangan kawasan organik Butur diarahkan melalui Roadmap/peta jalan dengan penetapan SDM, pemetaan potensi lahan,pembentukan dan penguatan kelembagaan, peningkatan produktifitas serta peningkatan infrakstruktur pendukung.

    "Hingga saat ini kawasan yang dikembangkan adalah Mente 7000 Ha, kelapa 5000 Ha, rumput laut dengan potensi 7000 Ha (eksisting 500 ha), padi organik ladang 1200 Ha (eksisting lebih 780 Ha)" ungkapnya memaparkan.

    Lebih lanjut katanya berdasarkan sumber daya alam Pemerintah Daerah mengembangkan pertanian organik sesuai dengan karakter kepulauan yakni pembangunan berbasis Agro Marine.

    Pengembangan pertanian organik tertuang dalam SK Bupati NO 17 tahun 2017 tentang Buton Utara sebagai Kabupaten Organik. Dasar pelaksanaan program unggulan berbasis kawasan diatur dalam Perbub NO.35 tahun 2018 tentang rencana pembangunan kawasan perdesaan pertanian organik terpadu Kabupaten Buton Utara.

    "Kami sangat mengharapkan dukungan dari Kementrian Perdagangan dalam pendampingan pemasaran , sarana dan prasaran aserta anggaran agar bisa mewujudkan Buton Utara sebagai Kabupaten Organik pertama dan terdepan di Indonesia" tutupnya (*)


    Penulis | Ifang Wilyas