• Kebutuhan Uang Melonjak di Idul Fitri 2019, BI Sultra Siapkan Rp 2.4 Triliun

image_title
Ket: Bincang Bareng Media oleh BI Perwakilan Sultra, Kamis (23/5/2019). Foto : Septiana Bumisultra
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Masuk minggu ke-3 ini, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mencatat rencana penarikan uang oleh perbankan sudah mencapai Rp 1,3 triliun, sementara penukaran uang dari masyarakat baru 55,6 persen atau Rp 9 miliar.

    Kepala Perwakilan BI Sultra, Suharman Tabrani, mengatakan, pihaknya memperkirakan jumlah kebutuhan uang tunai untuk keperluan bulan ramadan dan hari raya Idul Fitri 2019 bakal melonjak. Sehingga dari BI sendiri telah menyiapkan Rp 2.4 triliun untuk kebutuhan uang (outflow) selama ramadan hingga lebaran.

    "Memasuki minggu ketiga ramadan, dari Rp 2.4 triliun yang disediakan, yang sudah tersalurkan masih sekitar 10 persen. Ini karena THR khususnya THR ASN belum cair, kami perkirakan seminggu kedepan akan melejit menuju target,” ungkapnya, Kamis (23/5/2019).

    Adapun, lanjut dia, untuk penukaran uang guna memenuhi kebutuhan uang layak edar (ULE) selama bulan ramadan, yang dilakukan diawal hingga saat ini sudah cukup baik.

    “Setiap modal yang kami sediakan yakni Rp 300 hingga Rp 500 juta selalu tertukar dengan habis,” katanya kepada awak media.

    Perlu diketahui, selain menyediakan pelayanan penukaran uang BI Perwakilan Sultra juga melaksanakan pasar murah dengan 1.300 kupon. Pasar murah ini telah dilaksanakan sejak 19-20 Mei 2019 dan 22 -23 Mei 2019. (*)


    Penulis | Septiana