• Fun Festival 2023 Koltim Upaya Melestarikan Budaya Daerah

image_title
Ket: Peserta parade karnaval budaya di Fun Festival 2023 Koltim.
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR--Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan wilayah majemuk, dimana banyak di diami berbagai suku bangsa, agama, serta budaya. Selain itu Koltim juga memiliki potensi wisata serta kuliner yang banyak disukai para wisatawan lokal selama ini.

    Untuk memajukan budaya dari berbagai suku di Koltim maka di perlukan suatu inovasi dan informasi yang dibutuhkan publik bukan saja koltim, namun lebi dari itu dalam skala Nasional. Dengan memajukan budaya serta keunikan Daerah Koltim maka secara otomatis akan menjadi potensi pariwisata dari sektor budaya yang merupakan upaya  untuk menarik wisatawan luar Koltim untuk berkunjung di Koltim dengan sendirinya akan menambah pendapatn asli daerah, serta akan menumbuhkan perekonomian Masyarakat.

    Ditahun 2023 ini, bertepatan dengan momen Fun Festival di Kecamatan Mowewe, maka  sudah saatnya untuk memperlihatkan budaya – budaya yang ada di koltim sehingga menjadi bahan informasi bagi Masyarakat di Sultra  bahwa Koltim memiliki budaya yang patut di lestarikan.

    Bertepatan dengan Fun Festival tahun 2023 yang di adakan Dinas Pariwisata Provinsi Sultra sekaligus di hadiri Bupati Koltim Abd Azis, juga drangkaian festival budaya oleh Bidang Kebudayaan Koltim Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Koltim hari ini, kegiatan ini merupakan Kerjasama antara Pemprov Sultra dengan Pemda Koltim yang berlangsung dua hari, yang dimulai, Jumat (08/12) yang di pusatkan di Mowewe.

    Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Koltim Andi Muhtar Syamsuddin, S.Tp mengatakan, sebenarnya ini satu rangkaian dengan giat Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, untuk hari ini dimulai dengan parade karnaval budaya dari semua suku yang ada di Koltim yang di mulai pukul 07.00 wita, star dari depan masjid mowewe selanjutnya para peserta menuju ke lapangan Kecamatan Mowewe.

    “Kegiatan ini di mulai tanggal 8 – 9 Desember 2023, kemudian usai parade karnaval budaya dilanjutkan dengan lomba kuliner, lomba karaoke, seni budaya, fhasion show, serta lomba olah raga tradisional,” ujarnya.

    Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Koltim melalui Sekdisnya Djuniardi Madjid, SE menuturkan, festival ini dirangkaian dengan lomba yang sifatnya budaya, mulai karaoke lagu – lagu Daerah, pentas seni budaya daerah serta lomba olah raga tradisional masing – masing suku yang ada di Koltim, terangnya.

    Salah seorang Masyarakat yang melihat langsung parade Karnaval Budaya mengungkapkan kegiranganya selain bisa melihat semua budaya semua suku di kotim juga diramaikan dengan berbagai lomba dimalam hari.

    “Keluaga – keluarga kami yang penjual  akan bertambah lagi pendapatanya karena ramai ada hiburanya banyak Masyarakat datang apalagi dimalam hari”, cetusnya.

    Peserta karnaval budaya di ikuti oleh para OPD, ormas, tokoh adat dan agama, serta Pemuda. Selain memamerkan pakain adat masing – masing suku yang digunakan para peserta, juga dimeriahkan tari tarian daerah seperti tarian musik dari Bali, kuda lumping serta tarian dari pasundan jawa barat.

    Kegiatan parade karnaval budaya di hadiri para OPD, TNI/Polri, tim penggerak PKK Koltim, DPRD Koltim, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta ribuan Masyarakat yang menyaksikan giat tersebut. (*)

     


    Penulis | Irwandar