• Gempa Bumi dengan Kekuatan M. 4,0 SR Guncang Kota Kendari

image_title
Ket: Titik Gempa pada BaratLaut Soropia, Kab.Konawe Sultra. Foto:BMKG
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,0 skala richter guncang Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sutra) pada Kamis (1/12/2022) pukul (10.15) wita pagi tadi.

    Menurut analisis BMKG titik gempa terletak pada koordinat 3.86 LS, 122.66 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 5.5 km, barat laut Soropia, Kab. Konawe Provinsi Sultra, pada kedalaman 10 km.

    Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T dalam rilisannya mengungkapkan, guncangan dirasakan di Konawe dan Kendari.

    "Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi," terangya.

    Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

    "Keras juga guncangannya, sampai-sampai saya lompat dari jendela," ungkap warga Anduonohu, Kota Kendar.

    Hingga pukul 10.25 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

    Dengan demikian, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, BMKG menyarankan untuk periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa

    Tak sampai disitu, masyarakat juga disarankan untuk memastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah. (*)


    Penulis | Ahmad Sadar