• Kusram Maroli : Tahun Ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa Dapat Insentif

image_title
Ket: Sosialisasi Perbup di Desa Wia wia Kecamatan Poli polia. Koltim.
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kolaka Timur (Kotim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) tahun 2022 di 12 Kecamatan.

    Salah satunya Perbup terkait pemberian insentif untuk BPD, insentif untuk Bhabinkamtibmas serta Babinsa, dan Perbup terkait kenaikan UMP. Dan direncanakan Kepala Dinas DPMD akan bertemu Kapolres Kolaka dan Dandim untuk membahas terkait Sprint kepada masing -masing anggotanya yang bertugas di Desa.

    Saat memberikan materi Sosialisasi Perbup di Desa Wia - Wia Kecamatan Poli - Polia Kabid Pemdes Kusram Maroli menjelaskan bahwa, mulai tahun 2022 Bhabinkamtibmas dan Babinsa mendapatkan Insentip yang bersumber dari Dana Stimulan SBM.

    "Adapun besaran insentip tersebut masing -masing mendapat Dua Juta Lima ratus dalam Setahun,", ungkapnya hari ini, Kamis (13/01/2022).

    Masih kata Kusram, kemudian pencairan dana stimulan di tipa Desa dilakukan pencairan 2 kali dalam setahun melalui kasubag perencanaan.

    ''Untuk laporan pertanggungjawaban kami akan meminta Sprint dari TNI dan Kepolisian kepada masing - masing Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas dimasing - masing Desa, '' terangnya.

    Lanjut Kusram, dari Rp 50 juta Dana stimulan SBM 45 juta semua masuk di insentip Ketua BPD beserta Wakil dan dua bidang, serta biaya Atk dan lainya. Kemudian Rp 5 juta masuk di insentif Bhabinkamtibmas dan Babinsa Jadi insentip BPD bukan dari alokasi Dana Desa tapi dari dana stimukan SBM.

    Untuk diketahui bahwa apa yang telah dilakukan di Dinas sesuai regulasi, bukan hanya regulasi terkait ADD tapi juga DD, dan Desa silahkan bekerja sesuai mekanisme yang ada melibatkan semua unsur perangkat yang ada di Desanya.

    ''Tidak ada istilah kongkalikong, karena kami bekerja sesuai mekanisme dan perundangan undangan yang berlaku,'' tutupnya.

    Hadir di kegiatan Sosialisasi Perbup asisten I Arisman, SE, Kadis DPMD beserta Kabid dan staf, Camat Poli - Polia, Tenaga Ahli Pemberdayaan Desa Amran Apity, Para Kades, Bendahara serta Sekdes, Pendamping Desa, Ketua BPD, serta Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

    Kali ini sosialisasi Perbup bertempat di Desa Wia - Wia Kecamatan Poli - Polia. (*)


    Penulis | Irwandar







Berita Terpopuler