• Lidik Sultra Soroti Pengaspalan Jalan Ruas Rate - Rate di Koltim

image_title
Ket: Pengaspalan ruas Rate - rate yang menjadi sorotan LSM Lidik Sultra.
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Lembaga investigasi dan anti korupsi (Lidik ) Sulawesi tenggara (Sultra), kembali menyoroti kegiatan pengaspalan di ruas Rate rate, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

    Didalam penanganan jalan terkesan terburu-buru atau buruh target,  sehingga tidak mengedepankan pekerjaan sesuai spesifikasinya agar menghasilkan struktur jalan yang berkualitas.

    Menurut Sekretaris Lidik Sultra Yasil berdasarkan pengamatannya pada pengaspalan tersebut mereka anggap akan gagal karena setelah diamati  proses penanganan lapis perekat agregat (LPA) kurang efektif.

    ''Tapi tiba -tiba malam ini di aspal.   Tadi pagi saya lewat materialnya masih bertumpuk, dan tidak mempunyai rambu rambu. kemudian saya lewat kembali malam sudah mau di aspal. Ini cara apa mereka pake." ungkap Yasil selaku sekretaris Lidik Sultra saat di mintai keterangan pada Minggu 24 Oktober 2021.

    Ditempat yang berbeda salah satu pengawas dari PT.manunggal sarana Surya pratama memberikan komentar bahwa walaupun [ihaknya menghampar dalam situasi musim hujan akan tetapi juga terus mengukur kadar air nya.

    ''Sehingga kami yakin bahwa pekerjaan kami sudah sesuai spesifikasi,''  .jelas Adi pengawas PT. Manunggal sarana Surya pratama saat ditemui awak media di basecamp, Minggu (24/10/21).

    Dikatakan dalam proses pengaspalan tentunya LPA ini menjadi dasar atau pondasi agar bisa menghasilkan jalan aspal yang berkualitas.

    " LPA ini sudah kami senkon dan hasil dari senkon pun melebihi dari seratus persen jadi kami juga tidak akan pernah melakukan pengaspalan kalau LPAnya belum lulus senkonnya . Terkait fasing standar untuk LPA saya tidak mengetahuinya akan tetapi saya hanya main piling. Kalau getaran vibro nya sudah terasa berti itu sudah lulus senkon" tutupnya. (*)


    Penulis | Irwandar