• PT. SBP Serobot Lahan Warga, DLH Konut Segera Bentuk Tim Investigasi

image_title
Ket: Kepala DLH Konut, M. Aidin saat menerima massa di kantornya
  • Share

    BUMISULTRA

    KONUT-Aksi damai yang dilaksanakan oleh Forum Masyarakat pemilik lahan terkait penyerobotan lahan milik warga, di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe Utara (Konut) kemarin, mendapat angin segar dari DLH untuk segera membentuk tim investigasi di lokasi IUP PT. Adhikara Cipta Mulia yang sekarang milik PT. Sumber Bumi Putera (SBP).

    "Saya minta kepada kepala bidang pengawasan dan kepala bidang pencemaran LP3, segera bentuk tim untuk turun melakukan investigasi,'' Ucap M. Aidin Kepala DLH Konut,  Rabu (4/8/2021).

    Sebagai dinas pengawasan dan pengendalian lingkungan yang berada di Kabupaten, Kadis DLH secara tegas mengatakan, jika ada aktivitas yang dianggap bisa berdampak dan merugikan terhadap masyarakat, itu adalah tugas pokok DLH, tentunya akan di tindak secara sesuai peraturan perundang-undangan ynag berlaku.

    Selanjutnya Kadis DLH menjelaskan jika pemerintah kabupaten Konut tidak pernah akan bermain mata, karena Kabupaten Konawe Utara adalah masa depan masyarakat.

    Aksi demo yang tergabung dalam forum masyarakat pemilik lahan, menyampaikan pernyataan sikapnya secara tertulis, "PT. SBP telah melakukan aktivitas penambangan ynag di indikasi melakukan penorobosan lahan masyarakat," tak hanya itu, terlihat juga pada poin nomor 2 bahwa "meminta DLH Konut melakukan verifikasi vaktual di lapangan pengelolaan lingkungan PT.SBP khususnya limbah B3"

    Saat di komfirmasi dari  pihak PT. SBP melalui via watshap yang enggan disebutkan  secara tegas membantah tudingan tersebut dan mengatakan jangan langsung memvonis bahwa sudah menyerobot lahan.

    ''Masalah ini akan akan dijawab oleh humas dan legal perusahaan kami terkait tuduhan forum masyarakat pemilik lahan. Jadi  tolong jangan langsung di vonis kami serobot lahan ya dinda. nanti tim humas dan legal SBP yang jawab yah," ujarnya  melalui Via whatshap miliknya, Rabu (4/8/2021). (*)


    Penulis | Suhardiman Sawali