• Diduga Lakukan Pelanggaran, Ketua Bawaslu Koltim Dilaporkan ke DKPP

image_title
Ket: Irwansyah ketua Advokasi Paslon Bersatu
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLAKA TIMUR -Tim Advokasi Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) H. Toni Herbiansah -H. Baharuddin yang biasa di kenal dengan akronim BerSatu melaporkan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Koltim Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rusniyati Nur Rakibe ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), Selasa (29/09/2020).

    Ketua Tim Advokasi Paslon Bersatu Irwansyah, SH, LL.M mengatakan, kali ini berkaitan dengan rekaman suara yang berdurasi 3.17 (3 menit 17 detik).

    ''Dalam rekaman tersebut sangat jelas kalimat-kalimat berpihak dan 'provokatif', misalnya dia bilang, walaupun kita tinggal di kampung tapi kita tidak boleh dibodoh-bodohi, pertanyaanya siapa yang melakukan pembodohan? Ini sangat tendensius, '' kata Irwansyah Kepada Bumi Sultra melalui aplikasi Wa, Selasa (29/09/2020).

    Lanjutnya, dia juga katakan 'saya itu miris, saya pernah dengar bahasa yaitu jangan fokus dulu Uluwoi-Ueesi nanti ada uang 100 ribu' kalimat-kalimat seperti ini jelas bukan kerja-kerja Bawaslu tapi sudah merangkap jadi tim sukses.

    ''Tentu kami selaku Tim Hukum harus mengambil langkah hukum agar ketua Bawaslu diproses di DKPP,'' tandasnya.

    Masih kata Irwansyah,  DKPP tidak boleh membiarkan ketidaknetralan seperti ini berlangsung. Selain itu, kami juga minta DKPP mempertanyakan kepada Ibu Rusniyati Nur Rakibe kenapa kegiatan dilaksanakan disalah satu tempat timses Paslon . Yaitu permandian Baros yang notabenenya Baros adalah milik bapak Bambang Jurkam salah satu paslon.

    ''Kami melaporkan ini kedua kalinya, karena  Ketua Bawaslu sangat berapi-api bicara soal infrastruktur daerah layaknya Timses bukan sebagai penyelenggara. Makanya kami memilih langkah - langkah hukum, '' tandasnya.

    Sementara Ketua Bawaslu Koltim yang dikonfirmasi melalui aplikasi Whatshap terkait laporan tersebut tersebut dengan jawaban "No Coment". (*)


    Penulis | Irwandar