• Wafat di Makassar, Putra Terbaik Kolut Dimakamkan Diperkuburan Keluarga

image_title
Ket: Jenazah saat tiba di rumah duka
  • Share

    BUMISULTRA

    KOLUT - Jenazah Nur Iksan Umar. SH.MH, Ketua Fraksi Demokrat Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara  Perwakilan Kolaka, Kalaka Timur dan Kolaka Utara Priode 2019 - 2024 tiba di Rumah duka Jalan Transsulawesi, Desa Watuliu, Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, sekitar Pukul 05.00 wita Rabu Pagi (05/7/2020).

    Wakil Bupati Kolut, H.Abbas, SE mengungkapkan atas nama pemerintah  dan Masyarakat kabupaten Kolaka Utara, menyampaikan belasungkawa dan turut berduka cita atas wafatnya putra terbaik Kolut, Nur Iksan Umar, SH.MH.

    "Almarhum ini adalah salah satu putra terbaik Kolut, yang banyak memberikan masukan dan andil dalam rangka percepatan - percepatan pembangunan yang berada di Kolut," kata H.Abbas diawal sambutanya.

    H.Abbas dalam pertengahan sambutan  juga membeberkan bahwa, semasa hidupnya Almarhum ini, waktu masih berprofesi sebagai Pengacara berjuang untuk kolaka utara dijadikan daerah otonom.

    "Saya masih ingat persis, beliau ini masih berprofesi Advokat, kita berjuang bersama -sama bagaimana Kolut ini menjadi daerah otomom, setelah kolut menjadi daerah otomom,Almarhum banyak memberikan masukan dengan pikiran yang sangat cerdas dalam pembangunan dikolut," ungkapnya.

    Hal senada juga di ucapkan  Pattehuddin, SH.sahabat Almarhum yang ditemui dirumah Duka bahwa, 
    Nur Iksan Umar menghembuskan Nafas terakhir Hari Selasa siang (04/7/2020) sekitar Pukul 03.00 wita di Rumah Sakit Pertamina Wahidin Sudiro Husodo Makassar, setelah di rawat diruangan Icu selama 2 hari.

    "Jenasah diberangkatkan Dari Makassar menggunakan Ambulance sampai kePelabuhan Siwa, Sulsel dan lanjut naik Kapal Ferri Menuju Pelabuhan Tobaku, Kolut, Sultra," ujarnya.

    Menurut Dokter di RS Wahidin Makassar, kata Patehuddin yang juga Kadis di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) ini, bahwa. Almarhum terjangkit Penyakit Stroke dan Jantung, sebelum di rujuk Ke makassar, Almarhum sempat dirawat di RSUD Djafar Harun Lasusua. 

    Dari pantauan Bumisultra.com, Selain Bupati Kolut, Drs H. Nur Rahman Umar, MH, dan wakil Bupati, H.Abbas,SE, Terlihat dirumah duka diantaranya, Rusda Mahmud Anggota DPR.RI, Bupati Kolaka, Ahmad Safri, SH.MH.Ketua DPRD Prov.Sultra dan anggota, Ketua DPRD Kolut, Buhari, S.Kel.M.Si,  Kajari, Teguh Imanto, SH.M.Hum, Kapolres, AKBP, I wayan Riko Setiawan SIK, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Budi Prayitno, SH.MH, dan ketua pengadilan Agama (PA), Kemenag, Drs.H.Bahuruddin,M.Si, serta Kepala OPD 

    di depan Rumah duka juga terlihat Baleho ucapan belasungkawa dan turut berduka cita, dari Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH dan Wakil Gubernur, Dr. H. Lukman Abunawas, SH. M.Si serta Sekda Provinsi Sultra, Dr.Hj.Nur Endang Abbas. SE.M.Si dan mantan wakil Bupati Kolut, Bobby Alimuddin page, SE, serta ratusan  Baleho berisi ucapan belasungkawa dari kepala OPD, ketua Partai, organisasi terpampang di beberapa titik, seperti jalur jalan Transsulawesi, dan Jalan Masuk Rumah Kediaman Almarhum Nur Iksan Umar. SH.MH.

    Jenasah Almarhum Nur Ikhsan Umar. SH.MH dari rumah duka menuju pekuburan keluarga di dusun inderwa, Kelurahan Lasusua, yang diantar Ribuan pelayat dengan berjalan kaki sejauh 500 meter. Almarhum dimakamkan disamping kiri kuburan kedua orang tuanya, Bapak H.Umar Dg Manganwing dan ibunya Almarhum Andi Rukiya Opu Dg Rilangi.(*)


    Penulis | Bahar