• Tes Swab Kedua, Positif Corona di Wakatobi Turun Signifikan

image_title
Ket: Jubir tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi, Muliadin Anies saat menggelar konferensi Pers Pada Selasa(2/6/2020)
  • Share

    BUMISULTRA

    WAKATOBI - Pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami penurunan signifikan. Hal ini dijelaskan Jubir tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, dr.Muliadin Anies diposko induk lapangan Merdeka Wangi-Wangi, Selasa (2/6/2020).

    Penurunan angka itu terjadi pada 7 pasien Covid-19 yang diisolasi di RSUD setempat. Sebanyak 4 pasien dinyatakan negatif sementara 3 pasien lainnya masih positif usai dilakukan uji sampel Swab kedua kalinya.

    Kendati begitu, pihak tim medis akan melakukan uji sampel Swab ketiga guna memastikan pasien benar-benar aman untuk berinteraksi kepada masyarakat bagi yang sudah dinyatakan negatif.

    "Jadi dari 7 pasien diisolasi di RSUD hasil swab follow up 4 orang dintaranya hasil negatif dan sekali lagi kami akan swab semoga 4 yang negatit tepat negatif dan 3 pasien positif menjadi negatif,'' katanya.

    Ke-empat pasien negatif tersebut adalah warga pulau Binongko eks penumpang KM.Dorolonda yang lebih dulu jalani isolasi di RSUD Wakatobi.

    Kasus follow up uji sampel Swab juga dilakukan bagi 5 pasien yang terpisah dari 7 pasien isolasi RSUD. Dari sebanyak 5 pasien tersebut hanya 1 orang kembali dinyatakan positif yakni perempuan umur 33 tahun

    Disusul hasil uji sampel Swab pasien reaktif rapid tes dari 14 pasien terperiksa senbanyak 12 dinyatakan negatif sementara 2 pasien lainnya positif. Laki-laki berumur umur 70 tahun dan 1 perempuan umur 37 tahun.

    Keduanya langsung menjalani isolasi di RSUD dan 12 lainnya diarahkan pulang di kembali kepada keluarganya masing-masing meski tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak.

    Sehingga penurunan signifikan angka positif Covid-19 di Kabupaten Wakatobi tidak menambah jumlah total pasien positif usai pengambilan uji sampel Swab pertama dan kedua selaku pasien follow up pasien.

    "Jumlah pasien Covid-19 tak alami penambahan dari hari sebelumnya berjumlah 10 pasien usai hasil Swab follow up maupun swab bagi pasien rapid test sehingga jumlah positif masih tetap 10 orang,''  tambahnya.

    Ia merinci jumlah dari 10 pasien tersebut diantaranya terdapat 1 pasien asal kecamatan Wangi-Wangi dan 2 lainnya di kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

    Berbeda pasien di pulau Binongko dari 7 pasien, 3 orang diantaranya pasien lama hasil uji swab follow up yang masih divonis posirif dan 4 adalah pasien tambahan.

    Muliadin sapaan akrab Kadis Kesehatan Wakatobi tersebut tak henti-hentinya mengingatkan warga tetap mengikuti himbauan Pemerintah terutama memakai masker saat beraktifitas diluar rumah serta menjaga jarak satu sama lain

    "Mari kita semua tetap saling mengingatkan, menjaga dan mendoakan agar kita semua bisa terhindar dari wabah pandemiCovid 19 ini,'' harapnya. (*)


    Penulis | La Ilu Mane