• Perigati Hari Perkebunan, Kabupaten Butur Raih Penghargaan dari Kementrian Pertanian

image_title
Ket: Kabupaten Buton Utara di wakili Kadis Pertanian Sahrun Akri terima penghargaan dari Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian RI.
  • Share

    BUMISULTRA

    BUTUR--Peringati  Hari perkebunan Nasional ke-62, Kabupaten Buton Utara (Butur) , Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih penghargaan dari Kementrian Pertanian sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada insan perkebunan yang telah berperan aktif dalam sektor pembangunan Perkebunan .

    Tema yang diusung Korporasi Perkebunan Rakyat Untuk Kesejateraan Pekebun , juga turut di undang para Gubernur, Para Bupati, dan Para Walikota Se Indonesia yang akan menerima penghargaan, para Kadis yang membidangi perkebunan seluruh Indonesia , para pekebun, Assosiasi Pekebun dan Assosiasi perusahaan Perkebunan, yang berlangsung di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang Jawa Timur , Selasa (10/12/2019).

    Bupati Buton Utara Abu Hasan yang di wakili Kepala Dinas Pertanian Butur Sahrun Akri bersama tiga kepala daerah di Sultra antara lain Kabupaten Bombana, Mubar dan wali kota Bau-bau secara bersama-sama menerima penghargaan dari Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian RI.

    "Diharapkan dengan adanya penghargaan tersebut kedepan akan menjadi motivasi penting bagi seluruh stakeholder perkebunan untuk bersinergi dan akselerasi untuk kejayaan perkebunan, " tutur Sahrun, Kamis (12/12/2019).

    Komoditas sub sektor perkebunan Indonesia cukup besar, tetapi pengelolaannya belum optimal, sala satu kendala di lapangan masih rendahnya kapasitas SDM pekebunan, tanaman yang sudah tua/tidak produktif dan keterbatasan infrastruktur. Hal ini menyebabkan rendahnya mutu produk serta masih didominasi produk primer dan produktifitas.

    " Tentunya kita bukan hanya fokus pada kegiatan hulu untuk meningkatkan produktivitas, tapi juga di hilir untuk menghasilkan produk bernilai tambah dan berdaya saing,'' jelasnya lagi.

    Selain itu lanjuta Sahrin, dengan adanya penghargaan dari dirjen perkebunan kementerian pertanian adalah merupakan wujud dari keseriusan dan komitmen pemerintah daerah dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas serta pembangunan perkebunan secara berkelanjutan.

    Peringatan Hari Perkebunan Nasional ke 62 dengan tema “Mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia dan Penyediaan Benih Unggul Melalui BUN500”, diharapkan mampu menciptakan Inovasi teknologi baik di on farm maupun off farm juga perlu dilakukan untuk mengoptimalkan potensi hasil perkebunan Indonesia. Kerjasama yang melibatkan seluruh stake holder juga harus berjalan sinergis dan berkesinambungan. 

    "Selain padi lokal organik sebagai produk unggulan daerah juga komoditas kelapa dan mete serta rumput laut untuk perikanan. Tentunya prestasi tersebut akan menjadi tantangan dan motivasi kita untuk melaksanakan program2 dan kegiatan yg dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lapangan pekerjaan pada subsektor pertanian untuk mencapai dan mewujudkan masyarakat yg sejahtera" ujar Sahrun Akri. (*)


    Penulis | Ifang Wilyas