• Kawasan Muna Timur Bakal Punya Rumah Sakit Sendiri

image_title
Ket: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna, La Ode Rimbasua
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA--Setelah dikukuhkan kembali jabatanya sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La ode Rimbasua membuat gebrakan untuk pembangunan Rumah Sakit di Kawasan Muna Timur.

    Setelah berhasil melobi di pusat, akhirnya anggaran untuk pembangunan rumah sakit pembantu disahuti Kementrian Kesehatan., untuk lokasi pembangunannya pun sudah ditentukan dan tinggal menunggu eksen tahun depan.

    "Pembangunan rumah sakit dilaksanakan tahun 2020 dan titik lokasi di Wakorumba Selatan sedangkan soal anggaran sudah final dan siap untuk dibangun, " ujar Rimba Sua pada wartawan, Senin (2/12/2019).

    Ia juga tak menampik, buah dari hasilnya ini tak lepas dari peran Bupati Muna, LM Rusman Emba. sedangkan anggaran yang digelontarkan bersumber dari DAK  kurang lebih Rp 10 miliar.

    Menurutnya, pembangunan rumah sakit di daerah seberang adalah cikal bakal pusat pelayanan kesehatan yang diutamakan karena jauh dari jangkauan, begitu pula dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti ruang inap, kendaraan ambulance dan tenaga medis.

    "Insya allah 2020 semua sudah mulai eksen untuk dikerjakan,'' ucapnya.

    Selain pembangunan rumah sakit, Rimba Sua juga fokus pada pembenahan Puskesmas perawatan Maligano, dan rehabilitas penataanya akan dipoles lebih bagus.

    "Puskesmas maligano juga akan diperbaiki dan ditata lebih bagus lagi, sedangkan persoalan anggaran sudah disiapkan Rp 5 miliar,'' tandasnya. (*)


    Penulis | Ali Rasyid