• Pusat Penelitian UMK Raih Klaster Utama

image_title
Ket: Kepala LPPM UMK, Dr H Musadar Mappasomba SP MP Foto: Septiana
  • Share

    BUMISULTRA

    KENDARI - Melalui hasil kinerja penelitian dan surat keputusan Dirjen Penguatan Risbang nomor B/5678/E1.2/H.M.00.03/2019 tanggal 13 November 2019 tentang klaster atau pengelompokkan perguruan tinggi berbasis penelitian.

    Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) berhasil menempatkan dirinya dalam klaster utama, berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian periode tahun 2016-2018 oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

    Kepala LPPM UMK, Dr H Musadar Mappasomba SP MP, mengungkapkan, UMK berada diperingkat 190 dari total 1977 perguruan tinggi yang ada, hal tersebut membuat UMK berhasil mengungguli perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta besar lainnya. Dengan tercapainya klaster utama, hal ini tentu semakin membuktikan kualitas tenaga pendidik UMK dalam bidang penelitian, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

    "Alhamdulillah, sejak awal bergabung kembali di LPPM UMK, ini yang kita target, yakni peningkatan klaster penelitian. Kami sangat bahagia atas kerja sama dan kohesivitas yang terbangun bisa membuahkan hasil melebihi target. Awalnya kita berharap bisa naik di klaster madya ternyata hasilnya adalah klaster utama," katanya, Jumat (22/11/2019).

    Dia menambahkan, LPPM khususnya, UMK secara umum terus mengapresiasi semangat civitas akademika untuk terus mengasah pisau analisisnya melalui penelitian-penelitian, baik itu skim-skim penelitian dari Dikti maupun kerja sama dengan multi pihak. Mengenai reward lanjut Musadar, untuk peneliti akan disesuaikan dengan kondisi keuangan lembaga. (*)


    Penulis | Septiana