• Kejari Muna Musnahkan Ratusan Gram Sabu dan Kosmetik Ilegal

image_title
Ket: Kejaksaan Negeri Muna musnakan ratusan gram sabu
  • Share

    BUMISULTRA

    MUNA--Kejaksaan Negri (Kejari) Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memusnakan sebanyak 133, 6116 gram sabu dan kosmetik ilegal, kamis (21/11/2019) beserta barang bukti lainnya seperti senjata tajam.

    Barang bukti yang dimusnakan berjumlah 103 perkara tindak pidana umum, antara lain 22 perkara Tindak pidana narkotika, 40 perkara Sajam, 5 perkara judi, 2 perkara kosmetik ilegal dan 22 perkara KDRT serta pencurian dan pembunuhan.

    Kejari Muna, Husni Fahmi mengatakan, semua yang dimusnakan sudah  tidak dalam proses persidangan namun sudah memperoleh kekuatan hukum yang tetap.

    Katanya, Pemusnaan ini dilaksanakan bersama sama untuk mengetahui bahwa, dalam periode januari hingga november 2019, pihaknya menerima surat perintah dimulainya penyidikan sebanyak 297 perkara. jadi kalau dihitung bahwa tren ini mengalami peningkatan dari sebelumnya.

    "Yang kita khawatirkan banyak perkara tindak pidana narkotika. jadi kita harapkan  Pemkab Muna, Muna Barat dan Buton Utara untuk membantu mensosialisasikan bahwa ancaman narkoba makin meningkat." katanya

    Ia juga menyebutkan, bahwa pemusnaan merupakan suatu tugas kewenangan kejaksaan untuk melaksanakan putusan pengadilan sesuai kitab UU acara pidana pasal 1 huruf ayat 6 dan uu no 16 tahun 2014.

    Pemusnaan barang bukti turut dihadir, Bupati Muna Barat, Lm Rajiun Tumada, Wakapolres Muna, Kompol Yusuf Mars, Kepala BNNK Muna, La Hasary Forkopimda Muna dan Buton Utara, Kasat Reskrim Polres Muna, Akp, Muh Ogen Sairi, Kasat Narkoba, Iptu Hamka. (*)


    Penulis | Ali Rasyid