• Tambang Galian C Ilegal, Kian Menjamur di Kolut

image_title
Ket: Aktifitas tambang galian c di sungai lasusua diduga tidak memiliki izin dari pertambangan provinsi. Foto : Bahar
  • Share

    BUMISULTRA

    LASUSUA   - Maraknya   Tambang Galian C yang berada di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), kian menjamur dan di duga tidak memiliki Izin resmi dari Dinas Pertambangan Provinsi.

    Data dari Balai Sungai Sumber Daya Air Sulawesi Empat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sultra, menyebutkan hanya Satu Tambang C di Kolut yang memiki izin resmi dari Balai yakni PT Masalle.

    "Kalau daerah sungai Batuganda, di desa Batuganda cuman PT Masalle yang baru kami berikan Rekomendasi dari Balai, itu resmi, diluar dari itu saya tidak tahu, termasuk penambang di sungai lasusua desa tojabi  ungkap Penyidik BWS, Wais Meronda kepada Bumisultra.com lewat via selulernya.

    Sementara itu kata Wais yang juga Tim Rekomendasi Tehnis Pengawasan dan Pemantauan,  untuk Wilayah sungai di Kolut, khususnya daerah sungai Lapai, hampir semuanya memiliki izin dokumen. Namun, belum sepenuhnya lengkap dikarenakan terkendala di sektor lingkungan hidup.
    "Mereka dalam proses pengurusan dan perpanjangan dokumen," katanya. 

    Dikatakanya,   kebanyakan dari mereka terkendala dari segi perpanjangan izin pertambangan rakyat. Setelah Dinas pertambangan ditarik ke Provinsi pada tahun 2015 lalu,  semua berkas dokumen para pemohon kembali diperbaruharui sesuai aturan yang berlaku. "Dulukan kalau mau perpanjangan izin yang lama tinggal diberikan saja izin Rekomendasinya dari Kabupaten," pungkasnya (*)


    Penulis | Bahar